NASIONAL

PKS Tuding KPU Tidak Konsisten Terapkan Syarat Caleg

"Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menuding Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak pernah menjelaskan secara rinci syarat calon legislator Pemilu 2014 mendatang. Oleh sebab itu, seluruh caleg PKS yang berprofesi ganda tidak lolos verifikasi."

Abu Pane

PKS Tuding KPU Tidak Konsisten Terapkan Syarat Caleg
PKS, KPU, syarat caleg, jakarta

KBR68H, Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menuding Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak pernah menjelaskan secara rinci syarat calon legislator Pemilu 2014 mendatang. Oleh sebab itu, seluruh caleg PKS yang berprofesi ganda tidak lolos verifikasi.

Sekretaris Bidang Tim Pemenangan Pemilu PKS, Dono Pratomo mengklaim, KPU baru menjelaskan syarat tersebut setelah proses verifikasi selesai.

“KPU men-syaratkan bahwa ketika pendaftaran kepada KPU atau KPUD, semua partai wajib untuk menyertakan seluruh caleg. Jika misalnya 500 caleg, 500 berkas caleg yang harus diajukan. Konteksnya yang terjadi kemarin adalah ada yang misalnya mengajukan 500, hanya 450 yang diajukan, 50 berkasnya belum diajukan. Hanya surat keputusannya saja, ternyata itu di terima KPU,” ujar Dono.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan, 492 caleg dari PKS tidak lolos verifikasi. KPU menilai, caleg asal PKS masih banyak yang merangkap jabatan sebagai pejabat Negara, seperti direksi, komisaris, dewan pengawas dan karyawan pada BUMN dan/atau BUMD serta badan lain yang anggarannya bersumber dari keuangan negara. Meski begitu, PKS berjanji bakal segera menutupi kekurangan persyaratan yang diminta KPU sebelum tenggat waktu, 22 Mei mendatang.

  • PKS
  • KPU
  • syarat caleg
  • jakarta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!