NASIONAL

PPP Dukung Ganjar, Airlangga: KIB Solid

""Kami mengapresiasi mekanisme yang ada di Partai Persatuan Pembangunan. "

Wahyu Setiawan

Ganjar Capres
KIB, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, dan Plt Ketum PPP Mardiono saat silaturahmi di Jakarta, Kamis (27/04/23). (Antara/Risyal)

KBR, Jakarta-   Koalisi Indonesia Bersatu KIB diklaim masih solid meski Partai Persatuan Pembangunan (PPP) resmi mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. KIB terdiri dari koalisi PPP, Partai Golkar, dan Partai Amanat Nasional (PAN).


Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, menghormati keputusan PPP yang lebih dulu mendukung Ganjar. Ini disampaikan Airlangga usai pertemuan KIB, Kamis (27/4) malam.

"Kami mendapatkan penjelasan dari Ketua Umum PPP terkait dengan hasil rapimnas. Dan tentunya kami mengapresiasi mekanisme yang ada di Partai Persatuan Pembangunan. Dan masing-masing partai walaupun kita semua ini koalisi KIB, pada malam hari ini terlihat kita solid dan rukun," kata Airlangga di rumah dinasnya di Jakarta, Kamis (27/4/2023) malam.

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menambahkan, akan ada pembicaraan lanjutan untuk membahas nasib KIB. Dia mengatakan, KIB akan berkomunikasi dan berunding untuk menampung aspirasi masing-masing partai.

"Terkait dengan keputusan (PPP), KIB akan berkomunikasi dan berunding dengan masing-masing. Tentu KIB menampung seluruh aspirasi yang dibawa partai masing-masing. KIB ini adalah keluarga," ujarnya.


Baca juga:

Partai Persatuan Pembangunan atau PPP pada Rabu (26/4) mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024. Dukungan itu merupakan hasil rapat koordinasi pimpinan nasional pada Selasa (25/04).

Dukungan PPP disampaikan setelah  PDI Perjuangan memutuskan akan mengajukan kadernya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pemilu 2024 pada Jumat (21/4). Pengumuman itu disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Istana Batutulis, Bogor.

"Pada Hari Kartini ini tanggal 21 April 2023 sekaligus tonggak perjuangan Indonesia yang diskriminatif, setara, dan dijamin konstitusi negara. Maka jam 13.45 dengan mengucap bismillahirrahmanniraahim menetapkan Ganjar Pranowo sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai capres Indonesia dari PDIP," ucap Megawati di Istana Batu Tulis.

Pengumuman Ganjar disampaikan saat PDIP menggelar rapat DPP ke-140 dan dihadiri Presiden Joko Widodo dan   kader PDIP yang  hadir terbatas secara virtual.

Editor: Rony Sitanggang

  • PPP
  • #kabar pemilu KBR
  • Pemilu 2024
  • Ganjar Capres
  • KIB
  • Presiden Jokowi
  • Koalisi Indonesia Bersatu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!