NASIONAL

Kemenhub Siapkan Mudik Gratis untuk 10 Ribu Orang

"“Tujuannya, karena memang anggaran tidak terlalu besar, kesiapan juga kita mungkin hanya satu bulan ini, kita hanya mengarah ke Jawa Barat dan Jawa Tengah""

Heru Haetami, Anindya Putri

Kemenhub Siapkan Mudik Gratis untuk 10 Ribu Orang
Kendaraan pemudik memadati jalur menuju Gerbang Tol Cikopo-Palimanan, (21/6/2017). (Antara-Dedhez)

KBR, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar program mudik gratis di Idulfitri 2022.

"Program ini bertujuan untuk mengurangi masyarakat yang mudik menggunakan sepeda motor," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi dalam Konferesi Persnya di Jakarta, Jumat (8/4/2022).

Budi menjelaskan, pendaftaran mudik gratis ini akan dibuka mulai minggu depan, dengan tujuan kota-kota di Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah.

“Tujuannya, karena memang anggaran tidak terlalu besar, kesiapan juga kita mungkin hanya satu bulan ini, kita hanya mengarah ke Jawa Barat dan Jawa Tengah. Memang sebagian besar ke Jawa Tengah karena memang hasil survei saja banyak ke Jawa Tengah. Kemudian masalah waktunya itu sekitar tanggal 27, 28, 29 dan kemudian mekanismenya mulai minggu depan pendaftarannya bisa menggunakan online atau pengisian data secara manual,” jelasnya.

Budi Setiyadi menambahkan, Kemenhub menyiapkan anggaran sebesar Rp10 miliar, untuk sekitar 10 ribu pemudik. Ia juga mengakui, anggaran yang disiap di mudik tahun ini lebih kecil dibandingkan 2019 lalu.

“Anggarannya tidak cukup besar yakni hanya Rp10 miliar, sementara untuk yang 2019 lalu kita ada sekitar Rp38 miliar kalau tidak salah. Untuk masyarakat yang kita angkut kisaran sekitar 10 ribu orang," katanya.

Baca juga: Silakan Mudik Lebaran, Asal..

Sementara itu, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah memprediksi puncak mudik masyarakat akan terjadi pada H-3 Lebaran, atau 29 hingga 30 April 2022 mendatang

"Arus puncak sesuai dengan survei H-3 menuju H-2 ketika Sabtu-Minggu. Harapannya nanti rekan-rekan sudah siap semua pada H-7. Kita sudah mendirikan posko di kantor, posko terpadu atau di lapangan," ungkap Kepala Dinas Perhubungan Jateng, Henggar Budi di Semarang, Jumat (08/04/2022).

Henggar mengatakan, Dinas Perhubungan Jateng saat ini tengah berkoordinasi dengan Kepolisian dan TNI untuk menyiapkan para personel yang bertugas bersiaga selama puncak mudik Lebaran.

Selain itu, lanjutnya, pengaturan rekayasa lalu lintas juga telah dirancang dengan matang khususnya melakukan one way (satu arah) dan contra flow (lawan arus) arah barat Jawa Tengah.

"Akan dilakukan one way dan contra flow karena diprediksi akan datang dari Jakarta dan sekitarnya," jelasnya.

Henggar menambahkan, Dinas Perhubungan Jateng juga akan memberlakukan larangan melintas di jalan tol bagi kendaraan berat pada h-2 Lebaran Larangan ini berlaku dari pukul 05.00-17.00 WIB.

"Untuk mengurangi kemacetan di jalan tol, akan ada larangan melintas kendaraan berat," imbuhnya.

Dari informasi yang dihimpun, diperkirakan sebanyak 21,3 Juta pemudik akan masuk Jawa Tengah pada puncak arus mudik Idul Fitri mendatang.

Editor: Kurniati Syahdan

  • mudik gratis
  • arus mudik lebaran
  • mudik lebaran 2022
  • Jateng
  • jabar
  • Kemenhub

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!