Bagikan:

Ini Enam Titik Rawan Macet saat Arus Mudik Lebaran

"Arus mudik, dilakukan mulai hari Kamis 28 April 2022 pukul 17.00-24.00 WIB diberlakukan untuk kendaraan dengan pelat nomor polisi genap. Jadi dimulai dari tol Cikampek kilometer 47"

NASIONAL

Selasa, 19 Apr 2022 19:36 WIB

Author

Muthia Kusuma

Ini Enam Titik Rawan Macet saat Arus Mudik Lebaran

ilustrasi kendaraan yang memadati jalan tol

KBR, Jakarta - Mabes Polri mengidentifikasi enam titik bottleneck atau lokasi yang berpotensi terjadi kemacetan pada periode mudik dan balik Lebaran 2022.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat di Divisi Humas Mabes Polri, Ahmad Ramadhan merinci, enam titik tersebut meliputi area arah Pelabuhan Merak, arah Cikampek serta arah Jakarta.

Oleh karena itu, kata dia, polisi mengatur sejumlah skema antisipasi kemacetan seperti memberlakukan ganjil genap, satu arah (one way), hingga lawan arus atau contraflow.

"Arus mudik, dilakukan mulai hari Kamis 28 April 2022 pukul 17.00-24.00 WIB diberlakukan untuk kendaraan dengan pelat nomor polisi genap. Jadi dimulai dari tol Cikampek kilometer 47 sampai dengan gerbang tol Kali Kampung kilometer 414," ucap Ahmad Ramadhan dalam siaran pers daring, Selasa, (19/4/2022).

Ahmad Ramadhan menambahkan, keesokannya, pada Jumat, 29 April 2022, kendaraan yang dibolehkan melintas area yang ditentukan adalah kendaraan berpelat ganjil. Pemberlakuan ganjil-genap itu akan diberlakukan sejak pukul 17.00-24.00 WIB setiap hari dari 28 April hingga 1 Mei 2022.

"Untuk berakhirnya pelaksanaan one way (satu arah), pemberlakuan waktunya sifatnya situasional dan diskresi kepolisian bisa beriringan dengan gage (ganjil-genap)," sambungnya.

Ahmad Ramadhan menambahkan, ada 10 kendaraan yang dikecualikan dalam rekayasa lalu lintas ini. Di antaranya kendaraan pimpinan lembaga Republik Indonesia, kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing dan lembaga internasional yang menjadi tamu negara, kendaraan umum dengan tanda nomor kendaraan bermotor berwarna dasar kuning, kendaraan bertanda khusus yang membawa disabilitas hingga kendaraan pemadam kebakaran dan ambulan.

Polisi Jaga Ratusan Ribu Objek Pengamanan 

Selain itu, Kepolisian juga melakukan penjagaan di ratusan ribu objek pengamanan di periode mudik Lebaran 2022.

Ahmad Ramadhan menyebut, total ada 101.454 objek pengamanan di Operasi Ketupat 2022, yaitu 90.796 masjid, 4.324 pusat berbelanjaan, 4.326 objek wisata, 833 terminal, 666 pelabuhan, 299 stasiun kereta api dan 210 bandara.

"Selain itu Polri juga telah menyiapkan 2.702 posko. Terdiri dari 1.710 pos pengamanan. 7.030 pos pelayanan. 258 pos terpadu. Adapun pos yang dimaksud digunakan sebagai pusat infrormasi dan pengamanan," jelasnya.

Baca juga:

Ahmad Ramadhan menambahkan, pos pelayanan itu juga bakal dimanfaatkan sebagai gerai vaksinasi covid-19 dosis 1, 2 dan booster.

"Pos pelayanan juga dapat dimanfaatkan sebagai lokasi istirahat bagi pengemudi yang kelelahan," katanya.

Polri juga mengatur skema saat jalanan dipadati pemudik, dengan menyediakan jalur alternatif di luar tol dan pengecekan lainnya yang diperlukan, seperti hasil negatif COVID-19 atau bukti vaksin, imbuh Ahmad Ramadhan.


Editor: Kurniati Syahdan

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Haruskah Ikut Program Pengungkapan Sukarela?