Bagikan:

Cek Fakta: Foto dengan Narasi Klaim soal RA Kartini Berjilbab dan Berkaca Mata

Top three hoax of the week yang beredar dari tanggal 16 - 22 April 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID

NASIONAL

Senin, 25 Apr 2022 20:35 WIB

Author

Don Brady

Cek Fakta: Foto dengan Narasi Klaim soal RA Kartini Berjilbab dan Berkaca Mata

Sebuah akun facebook mengunggah sebuah gambar yang diklaim sebagai foto salah satu pahlawan nasional, RA Kartini yang memakai jilbab dan berkaca mata. Konten itu menjadi salah satu dari tiga teratas cek fakta yang mendapat sorotan sepanjang pekan lalu. Apa saja lainnya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 16 - 22 April 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID:

Narasi soal Resto Mang Engking Rumah Makan Pendana Radikal dan Khilafah Perusak NKRI

Sebuah akun Facebook mengunggah postingan berupa narasi yang mengklaim bahwa pemilik restoran Mang Engking merupakan pembenci Pemerintah dan merupakan pendana radikal dan khilafah perusak NKRI.

Video dan Narasi Negara Sudah Dimiliki Tiongkok

Sebuah akun twitter mengunggah sebuah video yang menunjukkan beberapa anggota polisi di Bangka Belitung tengah mengucapkan Tri Brata dalam Bahasa Mandarin. Video tersebut juga disertai dengan narasi yang menyatakan bahwa negara sudah dikuasai oleh Tiongkok.

Foto dengan Narasi Klaim soal RA Kartini Berjilbab dan Berkaca Mata

Sebuah akun facebook mengunggah sebuah gambar yang diklaim sebagai foto asli salah satu pahlawan nasional, RA Kartini yang memakai jilbab dan berkaca mata. Di gambar tersebut terdapat narasi: “Photo asli RA Kartini ketika menjadi santri Kyai Saleh Darat. Tidak memakai konde dan berkebaya. Foto RA Kartini yang berkonde dan berkebaya versi Belanda akan terus dikeluarkan oleh kaum sekuler agar RA Kartini tetap dikenang sebagai perempuan yang tak mau berjilbab.”

Bagaimana penelusuran dari ketiga hoaks tersebut? Simak pembahasannya di Podcast Cek Fakta bersama Don Brady dan Aribowo Sasmito Co-Founder dan Fact-check Specialist Mafindo, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia berikut ini:

Kami menantikan masukan kamu lewat: podcast@kbrprime.id sampai jumpa di episode berikutnya!

Baca Juga:

Cek Fakta Episode Spesial: “How to Fight Hoax for Dummies”

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Edu Talk IV YPA-MDR: Go Digital Melalui Media Ajar Interaktif