Dapat Sertifikat Kompetensi Level 9, Menteri Susi Batal Ikut UNBK Paket C 2017

Lilly menjelaskan, setelah mendapat sertifikat kompetensi level 9 sebetulnya Menteri Susi sudah mencoba membatalkan keikutsertaannya dalam UNBK.

BERITA , NASIONAL

Senin, 17 Apr 2017 20:36 WIB

Author

Agus Lukman

Dapat Sertifikat Kompetensi Level 9, Menteri Susi Batal Ikut UNBK Paket C 2017

Foto Kartu peserta Ujian Nasional 2017 berbasis komputer atas nama Susi Pudjiastuti. (Foto: Lilly/Medsos)

KBR, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti batal mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Program Kesetaraan Paket C (setara SMA).

Menteri Susi sebelumnya mendaftar untuk mengikuti UNBK Paket C sejak 2016 lalu, dan sudah mendapat Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) serta kartu peserta UNBK. Susi mendaftar UNBK Paket C dengan asal sekolah di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Pandu Mandiri, Ciamis Jawa Barat.

Namun karena sesuatu alasan, salah satu menteri terbaik Presiden Jokowi---meski hanya berbekal ijazah SMP---itu tidak sempat mengikuti ujian nasional 2017.

"Di samping itu Bu Susi juga sudah mendapat Sertifikat Kompetensi Level 9, maka Ibu tidak jadi ikut ujian," kata Lilly Aprilya Pregiwati, juru bicara Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui pesan singkat kepada KBR, Senin (17/4/2017).

Lilly menanggapi banyaknya pertanyaan atas beredarnya foto yang memperlihatkan kartu peserta UNBK 2016/2017 atas nama Susi Pudjiastuti.

Lilly menjelaskan, setelah mendapat sertifikat kompetensi level 9 sebetulnya Menteri Susi sudah mencoba membatalkan keikutsertaannya dalam UNBK.

"Tapi keburu sudah masuk dan terdaftar di sistem PKBM tersebut," kata Lilly.

Menteri Susi menerima sertifikat kompetensi profesi bidang pembangunan kelautan dan perikanan, dengan jenjang kualifikasi level 9 dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), pada 22 November 2016 lalu. Kualifikasi level 9 artinya setingkat gelar doktoral di bidang akademik.

Kepala BNSP Sumarna F Abdurrahman mengatakan prosedur uji kompetensi yang dilakukan BNSP terhadap Susi Pudjiastuti sudah sesuai Standar Kompetensi Kerja Khusus jabatan Ahli Utama Pembangunan Kelautan dan Perikanan.

Mengutip pemberitaan di situs bnsp.go.id, Kepala Badan Pengembangan SDM dan Pengembangan Masyarakat Kelautan dan Perikanan Rifky Effendi mengatakan level 9 merupakan jenjang tertinggi pada Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (KKNI) setara gelar doktoral di bidang akademik, dengan capaian pembelajaran yang dihasilkan melalui pendidikan, pelatihan kerja atau pengalaman kerja.

"Sertifikat kompetensi itu diberikan berdasarkan hasil uji kompetensi yang dilakukan melalui peer review oleh Master Asesor penguji dari BNSP, didampingi tim ahli dari KKP," kata Rifky Effendi.

Situs BNSP menyebutkan, untuk lulus dan meraih sertifikat kompetensi dengan kualifikasi level 9, seseorang harus memiliki 16 unit kompetensi yang ditetapkan BNSP.

 

Berita Terkait

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Perkara Anak Tersangka Kerusuhan 22 Mei Diminta Diselesaikan di Luar Pengadilan