BERITA

Menlu Serukan Dukungan Pembangunan Kapasitas untuk Palestina

"Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyerukan para menteri luar negeri se-Asia Afrika bersatu mendukung kemerdekaan Palestina. "

Khusnul Khotimah

Menlu Serukan Dukungan Pembangunan Kapasitas untuk Palestina
Menteri Luar Negri Retno Marsudi (foto: khusnul Khotimah)

KBR, Jakarta- Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyerukan para menteri luar negeri se-Asia Afrika bersatu mendukung kemerdekaan Palestina. 

Menteri Retno mengatakan dukungan yang paling diperlukan adalah dalam rangka pembangunan kapasitas sumber daya manusia. Misalnya, dengan pendidikan atau pelatihan. Indonesia yakin Palestina sudah siap menjalankan pemerintahan yang demokratis. 

“Dalam konteks ini Indonesia sangat percaya kesiapan rakyat Palestina untuk menjalankan pemerintahan sepenting meraih kemerdekaan itu sendiri,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat membuka pertemuan tingkat menteri, Senin (20/4/2015). 

Dalam waktu  yang sama, kata Retno, setiap negara juga harus terus meningkatkan penghargaan pada hak asasi manusia warga negaranya. Penghargaan hak asasi manusia adalah salah satu langkah untuk menciptakan demokrasi yang stabil dan juga kemakmuran Asia Afrika.

“Kita ingin melihat persamaan kedudukan di Asia Afrika, tumbuh bersama adalah harus. Mari kita membuat kerja sama Selatan-Selatan dan kerja sama segitiga (triangular) yang berarti tumbuh dan berkembang bersama,” tambah Retno. 

Agenda Konferensi Asia Afrika di hari kedua ini adalah pertemuan tingkat menteri.  Diskusi yang diperkirakan paling alot adalah tentang penguatan  New Asian African Strategic Partnership (NAASP) yang sudah berjalan 10 tahun. 

Oleh karena itu, kata Retno, disediakan waktu yang panjang hingga malam nanti bagi menteri luar negeri untuk berdiskusi. Kemitraan strategis Asia dan Afrika mencakup kerja sama ekonomi, solidaritas politik, dan hubungan sosial budaya.

Editor: Antonius Eko 

 

  • konferensi asia afrika
  • retno marsudi
  • Palestina

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!