BERITA

Empat Belas Provinsi Siap dibangun Rusunawa Untuk Buruh

"Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi menyebut sekitar 14 provinsi siap untuk dibangun rumah susun sederhana sewa atau rusunawa bagi buruh atau pekerja. "

Wiwik Ermawati

Empat Belas Provinsi Siap dibangun Rusunawa Untuk Buruh
ilustrasi rumah susun (foto: Antara)

KBR,Jakarta- Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi menyebut sekitar 14 provinsi siap untuk dibangun rumah susun sederhana sewa atau rusunawa bagi buruh atau pekerja. 

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Hanif Dhakiri mengatakan sekitar 2000-an lebih rusunawa sudah siap dibangun tahun ini. Namun sekitar 6000-an lebih rusunawa masih dalam proses pembebasan lahan. Pihaknya menargetkan 10 ribu rusunawa tersebut dapat dibangun di kawasan 27 industri di seluruh Indonesia.

“Ada 14 provinsi yang lahannya sudah memenuhi persyaratan administrasi dan tekhnis serta clean dan clear  dinyatakan siap untuk dibangun rusunawa,” kata hanif di DPR, Senin (13/4/2015)

“Ini daftar nama dari 14 provinsi, pertama Sumatera Utara, Sumatera barat, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan papua,” tambahnya. 

Hanif Dhakiri mengatakan, 10 ribu rusunawa masuk dalam program pembangunan sejuta rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Anggaran untuk pembangunan rusunawa tersebut diambil dari APBN dan BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara itu, rencananya pada akhir Appril nanti pemerintah akan melakukan peletakan batu pertama atau Ground Breaking untuk pembangunan satu juta rumah di Semarang. 

Editor: Antonius Eko  

  • rumah susun sederhana
  • Hanif Dhakiri

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!