NASIONAL

Kemendikbud Fokus Pengiriman Soal UN ke Daerah Terpencil

"KBR68H, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memprioritaskan pengiriman soal Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk sekolah-sekolah di daerah terpencil."

Wiwik Ermawati

Kemendikbud Fokus Pengiriman Soal UN ke Daerah Terpencil
UN, daerah, kemendikbud, sma, april

KBR68H, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memprioritaskan pengiriman soal Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk sekolah-sekolah di daerah terpencil.

Juru Bicara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ibnu Hamad mengatakan, pengiriman dilakukan di daerah terpencil dan terluar Indonesia seperti Kabupaten Natuna di Riau dan Selayar Sulawesi Selatan.

Kata dia, langkah ini dilakukan agar sekolah di daerah terpencil tersebut dapat mengikuti ujian nasional sesuai jadwal yang telah ditentukan.

"Kita bersyukur naskah yang dicetak lebih awal. Justru yang sering menjadi perhatian di Kemendikbud kalau terlalu cepat didistribusikan ke daerah bagaimana pengamannya. Oleh karena itu prinsipnya disimpan dulu dipercetakan yang dijaga profesional oleh percetakan, oleh perguruan tinggi, dinas pendidikan," kata Ibnu saat dihubungi KBR68H.

Juru Bicara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ibnu Hamad menjamin soal-soal yang telah sampai bakal dijaga ketat oleh kepolisian setempat. Sementara untuk di wilayah perkotaan soal ujian bakal dikirimkan maksimal tiga hari sebelum pelaksanaan UN.

Ujian nasional tingkat SMA/SMK sendiri bakal digelar pada tanggal 14 - 16 April mendatang. Sementara untuk UN tingkat SMP akan diselenggarakan pada 5 - 8 Mei 2014.

Editor: Erric Permana

  • UN
  • daerah
  • kemendikbud
  • sma
  • april

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!