NASIONAL

Temui Presiden, Buruh Tolak Kenaikan BBM

"Gabungan serikat buruh Indonesia menolak rencana penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi."

Eli Kamilah&Sasmita Madrim

Temui Presiden, Buruh Tolak Kenaikan BBM
buruh, tolak kenaikan bbm, 1mei


KBR68H, Jakarta - Gabungan serikat buruh Indonesia menolak rencana penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Penolakan itu disampaikan langsung kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta.

Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal mengatakan, ada lima isu yang disampaikan kepada Presiden. Diantaranya adalah penolakan RUU Keamanan Nasional, RUU Organisasi Masyarakat dan penaikan harga BBM subsidi.

“Dari kawan-kawan buruh menyampaikan lima isu besar, yakni jalankan jaminan kesehatan seluruh rakyat pada 1 Januari 2014, isu kedua adalah tolak upah murah yang kami sampaikan. Kami serikat buruh walaupun belum semua bersikap menolak kenaikan harga BBM, karena akan menurunkan daya beli 30 persen, walaupun itu untuk mobil pribadi,” kata Said Iqbal di Kantor Presiden, Senin (29/4).

Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal menambahkan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga menjanjikan penetapan libur nasional pada peringatan buruh sedunia, 1 Mei.

Sementara itu, Belasan kelompok buruh bakal berunjuk rasa pada peringatan buruh dunia, 1 Mei mendatang. Juru Bicara Kepolisian Indonesia, Boy Rafli Amar mengatakan, Kepolisian sudah menerima 16 izin unjuk rasa. Dia memprediksi, jumlah itu akan meningkat besok. Kata dia, kelompok buruh akan memadati sejumlah tempat, diantaranya adalah Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, juga Kementerian Keuangan.

"Itu adalah gambaran sekilas tentang rencana yang akan dilakukan. Pada tanggal 1 mei mendatang sudah ada 16 kelompok. Kalau estimasi jumlah sekitar 20ribu sampai 30 ribu. Kita belum bisa memastikan karena hari ini atau besok kemungkinan bisa bertambah.”jelas Boy Rafli Amar

Juru bicara Kepolisian Indonesia, Boy Rafli Amar menghimbau, menyuarakan tuntutannya dengan damai dan tertib. Kata dia, isu yang akan disuarakan buruh adalah mengenai penghapusan sistem pekerja alih daya dan

Sebelumnya, Presiden SBY berencana mengumumkan kebijakan pengendalian BBM subsidi besok. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik mengatakan, Presiden sudah menyetujui satu harga BBM. 

  • buruh
  • tolak kenaikan bbm
  • 1mei

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!