NASIONAL

Laporan Keuangan Tahunan BI Kembali Raih Opini WTP

"KBR68H, Jakarta "

Doddy Rosadi

Laporan Keuangan Tahunan BI Kembali Raih Opini WTP
laporan keuangan, bank indonesia, wajar tanpa pengecualian

KBR68H, Jakarta – Laporan keuangan tahunan Bank Indonesia (LKTBI) meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian selama 10 tahun berturut-turut. Hari ini, BPK menyerahkan LKTBI kepada Deputi Gubernur Halim Alamsyah dan Perry Warjiyo. Pihak BPK diwakili oleh Taufiequrachman Ruki (Anggota II BPK) dan I Gede Kastawa, (Plt Auditor Utama Keuangan Negara II).

Pemeriksaan terhadap LKTBI tahun 2012 dimulai pada 4 Februari 2013 dan hari ini BPK menyerahkan hasil pemeriksaan atas laporan tersebut. BPK  memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas LKTBI tahun 2012. Hal ini berarti bahwa untuk 10 kali berturut-turut sejak 2003, BI selalu memperoleh opini WTP yang merupakan opini terbaik untuk sebuah laporan keuangan. Pencapaian tersebut sekaligus membuktikan komitmen BI untuk senantiasa mengelola keuangan secara transparan dan akuntabel.

Dalam pemeriksaannya, BPK juga telah melakukan pengujian atas kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan pengendalian intern di BI. Saran/rekomendasi BPK atas pengujian dimaksud menjadi perhatian dan bagian yang tidak terpisahkan dari  upaya BI untuk secara berkesinambungan menerapkan prinsip-prinsip good governance dalam setiap proses bisnis. Dalam setiap pemeriksaan, biasanya terdapat lebih dari 50 – 100 temuan pemeriksaan termasuk di dalamnya 10-15 temuan pemeriksaan yang signifikan (memiliki risiko tinggi).

BI berkomitmen untuk secara maksimal menindaklanjuti semua saran/rekomendasi BPK dalam setiap temuan  pemeriksaan. Sejalan dengan itu, progres penyelesaian tindak lanjut temuan  pemeriksaan BPK di BI selalu berada diatas 90%. Informasi terakhir, penyelesaian tindak lanjut tersebut telah selesai 92,42%, suatu capaian yang tergolong tinggi.     

“Bank Indonesia senantiasa berusaha melakukan perbaikan-perbaikan dalam pengelolaan keuangan. Seluruh saran/rekomendasi BPK akan kami perhatikan dan upayakan dengan sungguh-sungguh untuk dapat ditindaklanjuti. BPK selaku Auditor Eksternal, kami pandang juga sebagai Mitra Strategis yang membantu dalam mendorong dan mewujudkan prinsip-prinsip “Good Governance” di Bank Indonesia”, demikian Deputi Gubernur Halim Alamsyah, dalam keterangan pers yang diterima Portalkbr.com.
           
Bank Indonesia berharap, opini WTP atas LKTBI tahun 2012 dapat meningkatkan kepercayaan para stakeholder sehingga BI dapat melaksanakan tugas yang diembannya  dan  menghadapi tantangan di tahun-tahun mendatang dengan lebih baik.

  • laporan keuangan
  • bank indonesia
  • wajar tanpa pengecualian

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!