NASIONAL

Jokowi: Digitalisasi 17,5 Juta UMKM Masih Kurang, Minimal 20 Juta

"Presiden juga minta agar ada pendataan tunggal pelaku UMKM dalam negeri. Sehingga Indonesia memiliki basis data tunggal yang akurat."

Wahyu Setiawan

UMKM
Perajin membuat kerajian dari bahan goni di acara Solo Art Market di kawasan Triwindu, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (26/3/2022). (Foto: ANTARA/Moh Ayudha)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo menargetkan 30 juta pelaku UMKM masuk pasar digital di tahun 2024.

Target itu disampaikan Jokowi saat membuka Rakornas Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM, hari ini.

Jokowi menyebut, 17,5 juta pelaku UMKM yang masuk ekosistem digital tahun ini belum cukup dan harus ditingkatkan.

"Saya titip agar dalam Rakornas ini bisa dipastikan jumlah UMKM kita yang onboarding digital yang masuk ke marketplace, yang masuk ke platform digital tahun 2022 ini harus mencapai target 20 juta, minimal 20 juta. Dan meningkat 24 juta di tahun depan tahun 2023. Dan 30 juta di tahun 2024. Ini target," kata Jokowi, Senin (28/3/2022).

Presiden Jokowi yakin target itu bisa tercapai jika semua pihak bekerja keras.

"Kalau semua bekerja keras memiliki keinginan sama mencapai target yang telah kita tentukan, insyaallah kita semuanya bisa melakukan," tambahnya.

Presiden juga minta agar ada pendataan tunggal pelaku UMKM dalam negeri. Sehingga Indonesia memiliki basis data tunggal yang akurat.

Data itu kata Jokowi, diperlukan untuk menavigasi pengembangan UMKM supaya lebih fokus, terarah, dan berkelanjutan.

Baca juga:


Sebelumnya, pemerintah membuat kebijakan untuk memperluas jangkauan pasar produk UMKM. Di antaranya dengan menjamin produk UMKM masuk dalam program pengadaan barang dan jasa pemerintah, termasuk pemerintah daerah.

Kebijakan lain adalah menggenjot digitalisasi usaha mikro kecil menengah.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan kunci ekonomi masa depan adalah digitalisasi dan ekonomi hijau.

"Transformasi digital menjadi penting untuk pemulihan ekonomi UMKM di masa pandemi. Saat ini UMKM yang telah terhubung ke dalam ekosistem digital mencapai 15,9 juta atau naik 100 persen dari sebelum pandemi yang mencapai 8 juta. Pemerintah menargetkan 30 juta UMKM terhubung dalam ekosistem digital pada 2024," kata Teten Masduki, dalam webinar Katadata, Kamis, (14/10/2021).

Baca juga:


Editor: Agus Luqman

  • UMKM
  • digitalisasi UMKM
  • LKPP
  • e-katalog
  • tkdn

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!