Bagikan:

Haris Azhar dan Fatia akan Serahkan Bukti Dugaan Keterlibatan Menko Luhut

Ia meminta kepolisian mengusut riset yang dikaji KontraS, YLBHI, Jatam, hingga Walhi Eksekutif Nasional.

NASIONAL

Selasa, 22 Mar 2022 12:59 WIB

Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti akan serahkan barang bukti keterlibatan Luhut Binsar Panjaitan

Aktivis aksi tanda silang saat dampingi Direktur Lokataru Haris Azhar pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (21/3/22). (Antara/Indrianto Eko)

KBR, Jakarta- Pegiat HAM Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti akan meminta Polda Metro Jaya memeriksa saksi-saksi yang menguatkan dugaan keterlibatan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dengan bisnis tambang emas di Intan Jaya, Papua saat operasi militer menumpas kelompok bersenjata.

Direktur Eksekutif Lokataru, Haris Azhar mengatakan saksi yang dimaksud adalah aliansi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM/NGO) yang meriset dugaan tindakan pidana atau kejahatan ekonomi di Papua.

Ia meminta kepolisian mengusut riset yang dikaji KontraS, YLBHI, Jatam, hingga Walhi Eksekutif Nasional.

"Kita hari Rabu pagi akan serahkan sejumlah bukti dan nama-nama saksi, untuk kita minta diperiksa dalam proses penyelidikan ini. Supaya lebih fair, tujuannya supaya lebih terang-benderang dalam penanganan kasus ini," ucap Haris usai diperiksa sebagai tersangka di Polda Metro Jaya, Senin, (21/3/2022).

Baca juga:

Pegiat HAM, Haris Azhar menambahkan, pemaparan bukti dan pengajuan saksi-saksi itu diharapkan dapat memberikan informasi kepada penyidik Polda Metro Jaya untuk mengetahui kasus dirinya dan Fatia secara komprehensif.

Ia menyebut selama pemeriksaan perdana dengan status tersangkanya itu, tak ada pertanyaan spesifik mengarah pada pengungkapan hasil riset tersebut. Namun Haris memastikan keterangan itu dimuat dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

Sebelumnya, pegiat HAM Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti ditetapkan sebagai tersangka kasus pencemaran baik dalam UU Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) sejak Jumat, (17 Maret 2022).

Mereka dilaporkan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan terkait tayangan video yang bertajuk "Ada Lord Luhut di Balik Relasi Ekonomi-OPS Militer di Intan jaya."

Dalam tayangan Youtube Haris Azhar, Fatia mengungkap temuan koalisi masyarakat sipil perihal indikasi kepentingan ekonomi dalam serangkaian operasi militer ilegal di Intan Jaya, Papua.

Editor: Sindu

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Kejar Tayang Pengesahan RKUHP