Bagikan:

FOMO Sapiens: Dampak Perang Hingga Meja Makan

Dampak Perang Rusia - Ukraina Hingga Meja Makan

NASIONAL | RAGAM

Jumat, 04 Mar 2022 17:37 WIB

Author

Sasnitha

Ilustrasi highlight berita sepekan. (FOTO : KBR)

Ilustrasi highlight berita sepekan. (FOTO : KBR)

KBR, Jakarta - Invasi Rusia terhadap Ukraina bikin situasi politik dunia memanas dan berdampak bagi dunia, mulai dari ekonomi hingga perkara pengungsi. Indonesia sempat dikritik lantaran sempat abstain dari resolusi Dewan Keamanan PBB yang mengecam invasi Rusia. Padahal, Pembukaan UUD 1945 jelas menyebut kewajiban Indonesia berperan aktif dalam melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Apa langkah yang seharusnya diambil Indonesia biar amanat itu terpenuhi?

Gara-gara invasi Rusia, beberapa bahan pangan dan kebutuhan pokok mengalami kenaikan harga di berbagai negara, termasuk Indonesia. Hal itu diperparah dengan momen jelang Ramadan. Kira-kira langkah apa ya yang akan diambil pemerintah untuk mengatasi hal ini?

Kabar-kabar di atas menjadi bahasan di FOMO Sapiens minggu ini.

1. Sikap Indoesia Terkait Invasi Rusia Terhadap Ukraina

Meski setuju Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) terkait invasi Rusia terhadap Ukraina, Indonesia sempat Abstain dari draf resolusi tersebut. Resolusi tersebut mengharuskan Rusia menghengtikan invasi dan mundur dari Ukraina. Terdapat beberapa negara yang mendukung, menolak dan bahkan abstain dari pemungutan suara yang dilakukan. Sikap Indonesia dikritik banyak kalangan, seperti apa?

Baca juga : Tiga Dampak Konflik Rusia-Ukraina terhadap Indonesia

2. Antara Perang dan Naiknya Harga Bahan Pokok

Invasi Rusia terhadap Ukraina berimbas secara langsung ke beberapa negara di Afrika hingga Asia. Ukraina merupakan pemasok gandum, bahan utama pembuatan yang menjadi makanan pokok beberapa negara di kedua benua tersebut. Selain itu, harga minya dunia juga mengalami kenaikan seiring eskalasi perang Rusia - Ukrania. Tapi seperti apa dampaknya terhadap Indonesia?

Baca juga : Harga Masih Tinggi, Pemerintah Bakal Pasok Daging Beku Jelang Ramadan

Simak obrolan selengkapnya bareng Ian Hugen, Malika, bersama teman-teman dari Podcast HAMburger, Jesse Adam dan Daniel Awigra di FOMO Sapiens pekan ini! Nggak kalah seru, ada juga obrolan mengenai Indonesia yang dinobatkan menjadi Negara paling cantik alami sedunia.

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke podcast@kbrprime.id

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Jalan Berliku Warga Ibu Kota Dapatkan Udara Bersih