NASIONAL

Cek Fakta: Video Presiden Rusia Tuntut Menag Yaqut Minta Maaf kepada Umat Muslim Indonesia

"Top three hoax of the week yang beredar dari tanggal 5 - 11 Maret 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID"

Don Brady

Top 3 Hoaxof The Week
Foto: Presiden Rusia Vladimir Putin

Beredar sebuah video dari akun TikTok dengan yang mengunggah sebuah video, yang menunjukkan Presiden Rusia Vladimir Putin sedang berpidato dengan narasi soal Putin menuntut maaf Menteri Agama Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas kepada umat Muslim Indonesia. Video itu menjadi salah satu dari tiga teratas cek fakta yang mendapat sorotan sepanjang pekan lalu. Apa saja lainnya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 5 - 11 Maret 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID:

Video Pidato Vladimir Putin Menuntut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas Meminta Maaf kepada Umat Muslim Indonesia

Beredar sebuah video dari akun TikTok dengan yang mengunggah sebuah video, yang menunjukkan pidato yang disampaikan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin. Dalam video tersebut juga terdapat narasi yang menyatakan bahwa Putin menuntut Menteri Agama Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, untuk meminta maaf kepada umat Muslim Indonesia dalam jangka waktu 3x24 jam. Bagaimana Penulusurannya

Baca juga: 

Cek Fakta: Rusia Tarik Pasukan dari Ukraina Berkat Presiden Jokowi


Artikel soal Aktor Laga Jackie Chan sudah Resmi Memeluk Agama Islam

Beredar artikel berjudul: “Shubanallah! Tepat Jumat Semalam, Ternyata Aktor Laga Yang Terkenal Jackie Chan Sudah Resmi Memeluk Agama Islam, Lihat Buktinya Disini.” Artikel ini terbit di situs bacanewss.xyz.

Foto dan Narasi Kecelakaan Truk Pengangkut Rudal yang Dikirim Indonesia untuk Rusia

Sebuah akun facebook mengunggah sebuah foto yang menunjukkan sebuah truk pengangkut barang terguling di tengah jalan. Unggahan tersebut juga disertai narasi yang menyatakan bahwa foto tersebut merupakan foto kecelakaan truk pengangkut rudal yang dikirimkan Indonesia untuk membantu Rusia.

Bagaimana penelusuran dari ketiga hoaks tersebut? Simak pembahasannya di Podcast Cek Fakta bersama Don Brady dan Aribowo Sasmito Co-Founder dan Fact-check Specialist Mafindo, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia berikut ini:

  • cek fakta
  • cekfakta
  • #Turnbackhoax
  • hoax
  • hoaks

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!