NASIONAL

Cek Fakta: Rusia Tarik Pasukan dari Ukraina Berkat Presiden Jokowi

"Top three hoax of the week yang beredar dari tanggal 26 Februari - 4 Maret 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID"

Don Brady

Top 3 Hoaxof Th Week
Foto: Presiden Indonesia Joko Widodo dan Presiden Rusia Vladimir Putin

Tengah viral video dengan narasi soal Presiden Vladimir Putin menarik pasukannya dari Ukraina berkat pendekatan Presiden Joko Widodo. Video itu menjadi salah satu dari tiga teratas cek fakta yang mendapat sorotan sepanjang pekan lalu. Apa saja lainnya? 

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 26 Februari - 4 Maret 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID:

Pendekatan Jokowi Membuat Rusia Menarik Pasukannya dari Perbatasan Ukraina

Sebuah akun tiktok  mengunggah video yang menunjukkan pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Presiden Vladimir Putin. Unggahan tersebut juga disertai dengan narasi yang menyatakan bahwa video tersebut merupakan video Jokowi yang melakukan pendekatan ke Rusia agar bersedia menarik pasukannya dari perbatasan Ukraina.

Baca jugaTiga Dampak Konflik Rusia-Ukraina terhadap Indonesia

Seekor Ayam Diklaim Memiliki Penis Mirip Penis Manusia 

Beredar sebuah video di media sosial yang menunjukkan seekor ayam memiliki kelainan yang tidak biasa seperti pada umumnya. Video tersebut viral di media sosial dan diklaim sebagai seekor ayam yang memiliki penis seperti penis manusia.

Foto Sapi Bertelur untuk Mempercepat Produksi Telur dari Pemerintah China 

Sebuah akun Twitter mengunggah cuitan berupa foto sapi bertelur yang diklaim sebagai teknologi penanaman organ ayam pada hewan lain dari pemerintah China untuk mempercepat produksi telur.

Bagaimana penelusuran dari ketiga hoaks tersebut? Simak pembahasannya di Podcast Cek Fakta bersama Don Brady dan Aribowo Sasmito Co-Founder dan Fact-check Specialist Mafindo, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia berikut ini:

Kami menantikan masukan kamu lewat: [email protected] sampai jumpa di episode berikutnya!

  • cekfakta
  • mafindo
  • cek fakta
  • hoax
  • hoaks
  • viral
  • #vladimirputin
  • #Jokowi
  • #Turnbackhoax

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!