Gempa Mentawai, TNI Siapkan Tiga Batalion

Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyiapkan tiga batalion untuk membantu masyarakat Mentawai yang dilanda gempa bumi.

BERITA | NASIONAL

Kamis, 03 Mar 2016 12:09 WIB

Author

Randyka Wijaya

Gempa Mentawai, TNI Siapkan Tiga Batalion

Gempa Mentawai 2016. (Foto: USGS)

KBR, Jakarta - Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyiapkan tiga batalion untuk membantu masyarakat Mentawai yang dilanda gempa bumi. Satu batalion terdiri dari sekira 720 personil. Sejumlah pasukan itu disiapkan untuk mengantisipasi adanya gempa susulan atau potensi tsunami.

Panglima TNI Gatot Nurmantyo mengatakan pihaknya sudah menyiapkan pasukan penanggulangan bencana. "Jadi bencana gempa bumi kemarin, saya sudah menyiagakan pasukan penanggulangan bencana reaksi cepat. Dengan pesawat Herculesnya," kata Gatot Nurmantyo di Lanud Halim Perdana Kusuma, Kamis (03/02/2016).

Tiga batalion tersebut terdiri dari, dua batalion tanggap bencana dan satu batalion kesehatan. Gatot Nurmantyo memastikan pihaknya siap menambah personil apabila dibutuhkan. Setiap saat dibutuhkan, pasukan tersebut siap diberangkatkan.

Kemarin pukul 19.49 WIB, gempa berskala 7,8 Skala Richter melanda Kepulauan Mentawai. Gempa tersebut dirasakan di sejumlah wilayah pantai Barat Sumatera antara lain di Nias, Simeulue, Padang dan lainnya. Gempa tersebut berjarak 682 km Barat Daya Kepulauan Mentawai.

Panglima TNI juga menyebut Indonesia sebagai wilayah yang kerap dilanda bencana alam. "Karena biasanya kita ini kan supermarket bencana alam di Indonesia ini. Jadi apabila ada bencana gempa bumi dikhawatirkan ada susulan."

Hingga saat ini belum dilaporkan ada korban jiwa akibat gempa.




Editor: Quinawaty Pasaribu

 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Persiapan Pemerintah Jawa Barat Hadapi New Normal