Dana Program Keluarga Harapan Tahun ini Jangkau 6 Juta Keluarga

Sasaran rumah tangga Kategori Sangat Miskin (KSM) diperluas sebanyak 2 juta lebih keluarga penerima pada tahun ini

BERITA | NASIONAL

Senin, 28 Mar 2016 13:09 WIB

Author

Muji Lestari

Dana Program Keluarga Harapan Tahun ini Jangkau 6 Juta Keluarga

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa Foto: KBR/Musyafa

KBR, Jombang– Penerima dana Program Keluarga Harapan (PKH) tahun ini dipastikan bertambah dari tahun sebelumnya. Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan, tahun ini alokasi anggaran APBN untuk PKH sebesar Rp. 9,98 Triliyun dan diperuntukkan bagi sekitar 6 juta keluarga miskin penerima bantuan.

Dia menjelaskan, keseluruhan dana tersebut akan dicairkan sebanyak empat kali dalam setahun bagi ibu hamil, pemilik balita dan anak sekolah. Khofifah merinci, pada tahun 2015 lalu, jumlah keluarga kurang beruntung penerima dana PKH tercatat 4 juta dengan total anggaran mencapai Rp. 5,4 triliyun.  Namun tahun ini, sasaran rumah tangga Kategori Sangat Miskin (KSM) diperluas lagi sebanyak 2 juta lebih keluarga penerima.

“Jumlahnya sekarang 6 juta, yang eksisting sekarang 3,5juta, masing-masing mereka setahun akan mendapat pencairan 4 kali, ada tidak ada kenaikan BBM mereka tetap mendapat empat kali pencairan, bulan maret ini PKH akan cair Rp. 3,15 triliyun," kata Khofifah, Senin (28/03/16).

Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, menambahkan, jika pada anggaran tahun 2015 nilai bantuan untuk ibu hamil yang memiliki balita sebesar Rp. 1 juta, namun tahun ini akan ditambah menjadi Rp. 1, 2 juta untuk empat kali cair. Sedangkan, untuk keluarga yang memiliki anak yang masih duduk dibangku Sekolah Dasar (SD) akan menerima Rp. 450 ribu per triwulan.

Untuk keluarga yang memiliki anak yang masih duduk dibangku SLTP akan menerima dana sebesar Rp. 750 sebanyak empat kali pencairan atau sekitar Rp. 3 juta dalam setahun dan SMA sebanyak Rp. 1 juta per triwulan.

Seluruh bantuan itu dimulai pencairanya pada Bulan maret ini. Khofifah berharap, dengan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), warga kurang beruntung akan semakin sehat dan pintar. 

Editor: Malika

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Belgia Kewalahan Hadapi Gelombang Pandemi

Penerimaan Masyarakat terhadap Vaksin Covid-19 Masih Rendah

Ronde 6 - Petani Tembakau

Kabar Baru Jam 8