NASIONAL

Pemerintah Protes Produk Indonesia Ditolak Lewat WTO

"Pemerintah akan memprotes kebijakan sejumlah negara yang menolak produk Indonesia lewat Organisasi Perdagangan Dunia (WTO)."

Guruh Dwi Riyanto

Pemerintah Protes Produk Indonesia Ditolak Lewat WTO
WTO, ekspor

KBR68H, Jakarta – Pemerintah akan memprotes kebijakan sejumlah negara yang menolak produk Indonesia lewat Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Saat ini pemerintah masih terus memantau pelarangan komoditas unggulan Indonesia oleh sejumlah negara. Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengatakan Kemenlu sudah melibatkan kerja lintas Kementerian untuk menuntaskan masalah ini. .

"Sebagai contoh, kasus pelarangan CPO kelapa sawit yang sempat dipermasalahkan di beberapa negara Eropa. Ada kampanye dari kementerian terkait dan bahkan bersama Malaysia kita melakukan sosialisasi pada negara yang menganggap Kelapa Sawit sebagai produk tidak ramah lingkungan," ujarnya.

Sebelumnya, Anggota Komisi Luar Negeri DPR Tantowi Yahya meminta pemerintah membentuk tim gabungan untuk menghadapi pelarangan ekspor komoditas unggulan Indonesia. Ia menilai sejumlah negara menggunakan tuduhan tidak ramah lingkungan untuk menolak produk-produk Indonesia. Menurutnya, tudingan-tudingan itu sebagai strategi negara negara lain untuk menolak produk Indonesia.


  • WTO
  • ekspor

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!