NASIONAL

Pembatasan Impor Hortikultura Belum Untungkan Petani

"KBR68H,Jakarta - Dewan Hortikultura Nasional (DHN) menilai petani hortikultura belum diuntungkan oleh aturan Hortikultura yang dikeluarkan Kementerian Pertanian."

Sasmita

Pembatasan Impor Hortikultura Belum Untungkan Petani
Hortikultura, Pembatasan, Impor, Konsumen, YLKI

KBR68H,Jakarta - Dewan Hortikultura Nasional (DHN) menilai petani hortikultura belum diuntungkan oleh aturan Hortikultura yang dikeluarkan Kementerian Pertanian. Ketua Umum DHN, Benny Kusbini mengatakan kenaikan harga produk hortikultura saat ini hanya dinikmati pedagang. Sementara petani belum bisa menjual buah dan sayur mayur dengan harga yang baik karena ulah para tengkulak.

“Untuk sekarang sebenarnya petani belum bisa menikmati. Inilah yang saya harap para pedagang harus bisa menjaga. Kenapa saya sekarang biasanya membeli dukuh sekilo Rp 20 ribu yang biasanya Rp 10 ribu. Jadi jangan juga pedagang mencari kesempatan dalam kesempitan karena kita akan masuk ke Asean Community,” kata Benny Kusbini saat dihubungi KBR68H,Sabtu(2/3/2013)

Sebelumnya, Kementerian Pertanian merekomendasikan aturan pembatasan impor holtikultura dalam sidang organisasi perdagangan dunia WTO. Menteri Pertanian Suswono mengklaim aturan ini bermaksud untuk melindungi petani dan konsumen Indonesia. Namun, Indonesia justru mendapat kecaman dari organisasi tersebut.

  • Hortikultura
  • Pembatasan
  • Impor
  • Konsumen
  • YLKI

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!