NASIONAL

Diusung PKS Jadi Bacapres 2024, Anies: Ini Amanah Besar

"Anies mengatakan perjalanan PKS untuk mengusung dirinya tidak mudah."

Resky Novianto

Diusung PKS Jadi Bacapres 2024, Anies: Ini Amanah Besar
Anies Baswedan memberikan pernyataan usai dideklarasikan sebagai bakal calon presiden oleh PKS, Kamis, 23 Februari 2023. Foto-pks.go.id.

KBR, Jakarta- Anies Baswedan menyampaikan rasa terima kasih dan merasa terhormat telah diusung sebagai bakal calon Presiden (bacapres) oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Anies menyatakan dengan kerendahan hati menerima pinangan dari PKS untuk maju dalam pertarungan menuju kursi RI 1 di 2024.

"Ini adalah sebuah amanat besar, ini adalah semua amanat yang akan kami dengan teguh dan siap untuk bekerja keras. Siap bekerja erat dengan partai-partai pengusung yang sudah dan akan bergabung di dalam sebuah ikhtiar untuk memajukan Indonesia membawa perubahan bagi perbaikan," ujar Anies dalam konferensi pers di Kantor PKS, Jakarta Selatan, Kamis (23/2/2022).

Anies mengatakan perjalanan PKS untuk mengusung dirinya tidak mudah. Kata dia, banyak rayuan, tekanan hingga kemungkinan ancaman.

"Tapi, PKS tetap berpegang teguh pada prinsip bahwa ini adalah perjuangan untuk kemajuan bangsa dan perbaikan. Insyaallah itu akan mendapatkan kemudahan dalam perjalanannya nanti," tuturnya.

Tiga Faktor

Sebelumnya, keputusan dukungan terhadap Anies sudah disepakati dalam forum Musyawarah Majelis Syuro (MMS) PKS yang digelar, Kamis, 23 Februari 2023.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengatakan keputusan diambil setelah Anies dinilai telah mengantongi tiga aspek yang dipertimbangkan partainya.

Ketiga aspek itu yakni; Anies dianggap representasi sosok nasionalis religius, simbol perubahan, dan memiliki peluang menang yang besar di pemilihan presiden (pilpres) 2024.

"Pembahasan itu bahwa sahnya sosok yang dimaksud pada Musyawarah Majelis Syuro (MMS) yang ke-7 itu jatuh kepada Anies Rasyid Baswedan. Kami memandang bahwa tiga parameter yang menjadi guidance pada musyawarah majelis syuro yang ke-7 itu dimiliki oleh Bapak Anies Rasyid Baswedan," kata Syaikhu dalam Konferensi Pers Hasil MMS PKS yang disiarkan PKS TV, Kamis, (23/2/2023).

Baca juga:

Editor: Sindu

  • Anies Baswedan
  • PKS
  • Pemilu 2024

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!