NASIONAL

Jokowi Ajak Negara G20 Kolaborasi Atasi Inflasi hingga Kelaparan

""Kita harus mengantisipasi kelangkaan dan kenaikan harga pangan. Kita harus mengatasi kelangkaan kontainer dan rantai logistik lainnya. Kita harus mencegah terjadinya kelaparan,""

Astri Septiani

Jokowi Ajak Negara G20 Kolaborasi Atasi Inflasi hingga Kelaparan
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat Pertemuan Tingkat Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 di Jakarta, Kamis (17/2/22). (Antara/M. Risyal)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo menyoroti beragam masalah ketidakpastian global akibat pandemi Covid-19.

Ia juga mendorong sinergi dan kolaborasi negara-negara G20 untuk menghadapi berbagai permasalahan dunia.

"Ketidakpastian global harus kita hadapi dengan sinergi dan kolaborasi," katanya saat Pertemuan Pertama Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 atau The 1st Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting yang digelar di Jakarta, Kamis, (17/2/2022)

Jokowi meminta negara-negara untuk menghentikan rivalitas atau membuat ketegangan dalam situasi ketidakpastian global, dan fokus bersinergi dan berkolaborasi untuk pemulihan ekonomi akibat pandemi virus korona.

"Kita harus bekerja sama mengendalikan inflasi yang cenderung meningkat. Kita harus mengantisipasi kelangkaan dan kenaikan harga pangan. Kita harus mengatasi kelangkaan kontainer dan rantai logistik lainnya. Kita harus mencegah terjadinya kelaparan," kata Jokowi.

Kepala Negara menegaskan, negara-negara G20 juga memiliki tugas untuk melakukan beberapa transformasi. Antara lain, kata dia, mempercepat proses transisi menuju ekonomi baru, mempercepat transformasi digital yang merata dan terjangkau, dan mendukung kebangkitan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Selain itu, Pertemuan Pertama Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 ini dapat merumuskan langkah-langkah kebijakan fiskal dan moneter yang saling bersinergi antarnegara untuk menyelesaikan permasalahan dunia.

"Negara G20 mesti berkolaborasi untuk menangani isu-isu strategis global tersebut dengan capaian-capaian yang nyata dan terukur untuk mengatasi masalah, dan juga mencegah masalah agar pertumbuhan ekonomi dunia lebih inklusif dan berkelanjutan," jelas bekas Wali Kota Solo itu.

Pilihan editor:

    Jokowi menambahkan, G20 harus memperkuat penguatan arsitektur kesehatan global, memfasilitasi dan membiayai transisi energi menuju ekonomi hijau, dan mempercepat transformasi ekonomi digital.

    "Saya menaruh harapan besar kepada para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20. Saya berharap pertemuan ini akan menghasilkan langkah-langkah sinergis dan kolaboratif yang konkret, yang segera bisa dilaksanakan, dan segera tampak hasilnya. Recover Together, Recover Stronger," pungkasnya.

    Editor: Kurniati Syahdan

    • G20
    • pertemuan menteri keuangan dan gubernur bank sentral
    • presidensi G20
    • pandemi covid-19
    • ketidakpastian global
    • inflasi
    • rivalitas

    Komentar

    KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!