Bagikan:

Dilantik Jadi Gubernur Lemhannas, Andi Widjajanto Sebutkan Arahan Presiden Jokowi

Andi Widjajanto dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 21/P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia.

NASIONAL

Senin, 21 Feb 2022 18:16 WIB

Pelantikan Gubernur Lemhanas Andi Widjajanto

Presiden Joko Widodo melantik Andi Widjajanto sebagai gubernur Lemhannas dan Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi di Istana, (21/2). Foto: Setpres

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo melantik Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Republik Indonesia Andi Widjajanto di Istana Negara, Jakarta, Senin, 21 Februari 2022.

Andi Widjajanto dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 21/P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia.

Usai pelantikan, Andi menyebutkan sejumlah perintah Presiden Joko Widodo kepada dirinya. Antara lain, penguatan transformasi di Lemhannas guna menyesuaikan tantangan geopolitik abad ke-21.

"Sehingga Lemhannas bisa menjalankan fungsinya sebagai lembaga pendidikan untuk mencetak kepemimpinan nasional, menjadi dapur kajian strategis bagi presiden untuk isu-isu lokal, regional, dan global, serta Lemhannas menjalankan fungsinya untuk melakukan pemantapan nilai-nilai kebangsaan," ujar Andi Usai dilantik Presiden Jokowi (21/2/22).

Andi juga mendapatkan arahan dari bekas presiden ke-5 sekaligus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri. Arahan itu ialah menjalankan amanat sebagai gubernur Lemhannas dengan berpegang kepada ideologi Pancasila 1 Juni.

Kemudian, menampung gagasan besar Bung Karno dan pemikiran strategis tokoh-tokoh bangsa sebagai pijakan Lemhannas.

Selain itu, kata dia, tugas lain Lemhannas adalah merancang proyeksi geopolitik Indonesia menuju Indonesia 2045 yang disegani di tataran regional dan global.

"Itu tugas-tugas yang diberikan kepada saya dan dengan perangkat yang ada di Lemhannas akan berusaha secepatnya agar capaian tugas-tugas itu segera terealisasi," kata dia.

Andi Widjajanto menjadi gubernur Lemhannas, menggantikan Agus Widjojo yang kini menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Filipina. Pria kelahiran 3 September 1971 ini, pernah menjabat sebagai Sekretaris Kabinet pada 2014-2015.

Baca juga:

Editor: Sindu

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Bedah Prospek Emiten Energi dan EBT

Google Podcasts Ditutup Tahun Depan

Kabar Baru Jam 7

30 Provinsi Kekurangan Dokter Spesialis

Kabar Baru Jam 8

Most Popular / Trending