Cegah Terorisme, BNPT Akan Dekati Anak Muda Galau

"Pemuda yang galau misalnya. Jadi itu pentingnya kami menghimpun. Memberikan kegiatan yang memang menarik untuk pemuda."

BERITA | NASIONAL

Rabu, 19 Feb 2020 14:18 WIB

Author

Lea Citra

Cegah Terorisme, BNPT Akan Dekati Anak Muda Galau

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

KBR, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) berupaya mencegah terorisme dengan melakukan pembinaan terhadap anak-anak muda.

"Pemuda yang galau misalnya. Jadi itu pentingnya kami menghimpun. Memberikan kegiatan yang memang menarik untuk pemuda. Jadi kemasan-kemasan kami itu sesuai dengan klasifikasi orang-orang," kata Kepala Subdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT Andi Intan Dulung di sela acara Rapat Kerja Nasional Forum Koordinasi Pencegahan Teroris (FKPT) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

"Misalnya anak muda sukanya membikin video pendek, kami memberikan pelatihan untuk membikin video pendek. Mottonya 'nasionalisme dan kedamaian' misalnya," kata dia lagi.

Kepala Subdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT Andi Intan Dulung menilai penyebaran radikalisme sulit dideteksi. Karena itu, BNPT menggerakan 32 Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) yang tersebar di seluruh Indonesia untuk membantu upaya tersebut.

BNPT juga mewaspadai penyebaran paham radikal yang banyak disebarkan di media sosial menggunakan kedok agama.

"Sebetulnya dia (penganut paham radikal) memakai topeng agama. Semua agama kan kita tahu, semua agama adalah bagaimana orang damai. Sementara orang yang bersangkutan itu dengan pahamnya seperti itu kan, tidak ingin damai sebetulnya, tapi pakai topeng agama. Nah masyarakat ikut. Ini kan bangsa Indonesia adalah masyarakat religius ya. Ketika orang bicara agama dia ikut," kata Andi Intan.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Kabar Baru Jam 20

Instagram Perketat Aturan Soal Iklan