NASIONAL

Mentan: Bencana Tak Terlalu Ganggu Ketahanan Pangan

"Kementerian Pertanian menyatakan berbagai bencana di tanah air belum mengganggu ketahanan pangan nasional."

Ahmad Rodli

Mentan: Bencana Tak Terlalu Ganggu Ketahanan Pangan
bencana, ketahanan pangan, mentan, suswono

KBR68H, Kudus - Kementerian Pertanian menyatakan berbagai bencana di tanah air belum mengganggu ketahanan pangan nasional. 


Menteri Pertanian Suswono mengatakan, efek bencana seperti banjir dan letusan Gunung Sinabung masih relatif kecil. Namun dia meminta semua daerah tetap waspada, mengingat curah hujan tinggi diprediksi hingga pertengahan Februari. Setelah hujan reda diharapkan petani segera menanami kembali sawahnya.


"Saat ini lahan yang puso akibat bencana tidak lebih dari 40.000 hektar. Sementara luas tanam areal tanaman padi secara nasional berkisar 13,5 juta hingga 14 juta hektar sehingga persentase tanaman padi puso masih tergolong kecil sekali," jelas Suswono.


Suswono menambahkan, pihaknya juga telah menyiapkan bantuan benih. Stok benih cadangan nasional padi mencapai 13.600 ton dan bisa ditanam di areal lebih dari 500 ribu hektar, termasuk ketersediaan stok benih jagung dan kedelai. Kementerian Pertanian juga menargetkan produksi padi nasional tahun ini bisa mencapai 76 juta ton gabah kering giling (GKG).


Editor: Antonius Eko 

  • bencana
  • ketahanan pangan
  • mentan
  • suswono

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!