NASIONAL

Pameran Kekayaan Tekstil Nusantara di Indonesia Fashion Week

"KBR68H, Jakarta - Indonesia Fashion Week 2013 yang mengangkat tema "

Doddy Rosadi

Pameran Kekayaan Tekstil Nusantara di Indonesia Fashion Week
indonesia, fashion week, tekstil

KBR68H, Jakarta -  Indonesia Fashion Week 2013 yang mengangkat tema “Inspiring Indonesia” merupakan media informasi bagi para pelaku fesyen untuk memperoleh pengetahuan terhadap pengembangan desain, branding, serta tren mode. Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Gusmardi Bustami mengatakan, IFW juga menjadi ajang pertemuan bagi pengembangan kreativitas komunitas fesyen Indonesia untuk meningkatkan jejaring kerja sama dengan desainer lokal maupun internasional.

Kementerian Perdagangan juga akan fokus pada bidang pemasaran dan distribusi produk-produk fesyen agar dapat menguasai pasar lokal, regional, dan mancanegara.

“Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui pemanfaatan lembaga bisnis (trading house) serta aktivasi kegiatan temu bisnis antara pelaku fesyen siap ekspor dengan buyers dan investor di dalam maupun luar negeri. Selain itu, untuk memperluas jangkauan pemasaran, akses pasar ke negara-negara non tradisional seperti Afrika Selatan, Persatuan Emirat Arab, Amerika Latin, Asia Timur dan Asia Tengah juga harus ditingkatkan,” tambah Gusmardi dalam keterangan pers yang diterima Portalkbr.com.

Penyelenggaraan IFW 2013 yang akan berlangsung hari ini hingga 4 hari ke depan menampilkan potensi kekayaan tekstil nusantara sebagai bagian dari kekayaan budaya Indonesia yang majemuk. Dukungan pemerintah terhadap IFW merupakan bukti keseriusan bagi pemerintah yang menjadikan ajang ini sebagai salah satu upaya untuk terus mempromosikan dan mengangkat produk fesyen terbaik Indonesia ke mancanegara.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), selama periode tahun 2007-2011 ekspor fesyen Indonesia mengalami tren positif sebesar 12,4%, dengan negara tujuan ekspor utama Amerika Serikat, Singapura, Jerman, Hong Kong, dan Australia. Selama periode Januari-November 2012, data ekspor fesyen mencapai USD 12,79 miliar, meningkat 0,5% dibandingkan nilai ekspor periode sebelumnya.

  • indonesia
  • fashion week
  • tekstil

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!