NASIONAL

Naikkan Elektabilitas, TPN: Ganjar-Mahfud Fokus Kampanye Door - to-Door

"Konsolidasi dari para pendukung dan relawan merupakan kunci kemenangan Ganjar-Mahfud"

Hoirunnisa

Ganjar
Pasangan Ganjar-Mahfud di acara Rakorna Gakkumdu di Jakarta, Senin, (27/11/2023) (FOTO: Galih Pradipta)

KBR, Jakarta- Pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD optimistis menang satu putaran dalam Pilpres 2024. Caranya dengan menggiatkan kegiatan kampanye dari pintu ke pintu.

Juru bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Chico Hakim mengatakan strategi kampanye turun ke masyarakat merupakan upaya konkret memenangkan Ganjar-Mahfud. 

Menurut Chico, konsolidasi dari para pendukung dan relawan merupakan kunci kemenangan Ganjar-Mahfud satu putaran atau minimal masuk dan menang di putaran kedua.

"Tapi tentunya kami masih mengupayakan untuk bisa memenangkan pertarungan ini dalam satu putaran seperti juga pasti pada paslon-paslon lain. Strategi untuk memenangkan satu putaran di sisa waktu tiga minggu ini memang tidak lain, kecuali menggiatkan gerakan canvassing dan door to door para relawan hingga caleg-caleg dari partai pendukung baik itu dari tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga pusat. Jadi juga menghadirkan Prof. Mahfud dan Pak Ganjar Pranowo untuk turun hadir di tengah-tengah masyarakat dan mengampanyekan diri mereka," ujar Chico kepada KBR, Senin (22/1/2024).

Juru bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Chico Hakim menilai, pemilu dua putaran tidak memicu polarisasi atau perpecahan di masyarakat. Menurutnya, perpecahan akan terjadi saat ada pasangan calon yang menghalalkan segala cara untuk menang satu putaran.

"Justru yang akan meningkatkan polarisasi, perbedaan serta bentrok di masyarakat itu adalah pemaksaan untuk menang satu putaran dengan segala cara. Dengan menghalalkan cara-cara yang curang dengan menggunakan ketidaknetralan aparat. Itu yang rentan polarisasi di masyarakat," kata Chico. 

Baca juga:

Lebih jauh, Chico mengungkap akan membuka koalisi partai politik saat Ganjar-Mahfud lolos pada putaran kedua. Namun dia tidak menjelaskan lebih detil terkait perkembangan pembahasan koalisi tersebut.

Sebelumnya, sejumlah lembaga survei merilis jajak pendapat terbaru pada bulan ini yang memperlihatkan tingkat keterpilihan atau elektabilitas tiga paslon capres dan cawapres belum mencapai 50 persen. Artinya, saat ini besar kemungkinan terjadinya Pilpres 2024 berlangsung dua putaran.

Rilis hasil survei terbaru, Charta Politika mencatat elektabilitas capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berada di posisi teratas dengan tingkat keterpilihan 42,2 persen.

Di posisi dua, pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memeroleh angka elektabilitas 28 persen. Kemudian, pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di angka 26,7 persen.

Editor: Muthia Kusuma

  • #kabar pemilu KBR
  • Pemilu 2024
  • TPN Ganjar-Mahfud
  • Ganjar Pranowo
  • Mahfud MD
  • pemilu satu putaran

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!