Bagikan:

Mensos Siapkan Lumbung Sosial untuk Bantu Korban Bencana

Lumbung sosial tersebut berisi kebutuhan makanan dan peralatan-peralatan kedaruratan seperti alat penjernih air.

BERITA | NASIONAL

Rabu, 12 Jan 2022 19:54 WIB

Author

Heru Haetami

lumbung sosial untuk korban bencana

Bencana alam banjir melanda Kabupaten Aceh Utara, Aceh. (FOTO: KBR/Erwin Jalaluddin).

KBR, Jakarta - Kementerian Sosial mengklaim telah menyiapkan lumbung sosial sebagai cadangan kebutuhan dasar (buffer stock) korban bencana di sejumlah daerah di Indonesia. Menteri Sosial, Tri Rismaharini mengatakan, lumbung sosial ini disiapkan agar saat kondisi darurat kebutuhan korban bencana tetap terpenuhi. Lumbung sosial tersebut berisi kebutuhan makanan dan peralatan-peralatan kedaruratan seperti alat penjernih air.

"Kami sudah siapkan lumbung untuk cadangan. Kalau terjadi sesuatu di sini maka warga bisa menangani sendiri dengan koordinator pemerintah daerah," kata Risma saat meninjau korban bencana banjir di Aceh, Rabu, (12/1/2022).

Mensos Risma menambahkan, dengan adanya lumbung sosial menjadikan layanan pemenuhan kebutuhan dasar (buffer stock) bisa lebih cepat karena lokasinya didekatkan kepada warga. Karenanya, bekas Wali Kota Surabaya, Jawa Timur itu meminta Pemda untuk mengaktivasi lumbung sosial.

Baca juga:

Sementara terkait santunan bagi korban meninggal, Kemensos mengalokasikan dana Rp15 juta per orang. Risma mengimbau bagi korban yang belum mendapat bantuan untuk melapor ke Dinsos setempat dan pemerintah daerah.

Salah satu daerah yang dilanda bencana banjir adalah Aceh. Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Aceh menyebut banjir itu disebabkan oleh intensitas hujan yang tinggi dan meluapnya tiga sungai di daerah itu, yakni Sungai Krueng Peutoe, Krueng Keureuto dan Krueng Pirak.

Pada Jumat (30/12/2021) pukul 07.00 waktu setempat ketinggian air bervariasi hingga mencapai hampir 1 meter. Banjir yang merendam belasan desa itu mengakibatkan 3 orang meninggal dunia dan 31.843 jiwa mengungsi.

Baca juga:

Tak hanya Aceh, sepanjang awal tahun 2022 bencana hidrometeorologi juga terjadi di beberapa wilayah. Diantaranya di tiga kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, lalu bencana bandang di Jember, Jawa Timur dan banjir di Jayapura, Papua yang menewaskan delapan orang.

Editor: Muthia Kusuma

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Laporan Temuan Ombudsman soal Penanganan Bencana

Most Popular / Trending