Tahun Ini, PLN Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Angin Pertama di Jawa

"Kami melakukan estimasi dengan kapasitas 50,4 Megawat dengan PLTB itu. Satu turbinnya bisa menghasilkan 4 sampai 6 Megawat."

BERITA | NASIONAL

Jumat, 15 Jan 2021 13:54 WIB

Author

Hermawan Arifianto

Tahun Ini, PLN Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Angin Pertama di Jawa

Presiden Joko Widodo mengamati kincir angin Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap di Sulawesi Selatan, Senin (2/7/2018). (Foto: Istana Negara)

KBR, Banyuwangi - PT PLN melalui anak usahanya PT Indonesia Power berencana akan mulai membangun Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) atau tenaga angin pada tahun ini. 

PLTB ini rencananya akan dibangun di daerah Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur.

Vice President Project Development 3 PT Indonesia Power Henry Asdayoka Putra mengatakan potensi tenaga angin di Banyuwangi dianggap memenuhi syarat untuk pengembangan PLTB.

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu yang dibangun di Banyuwangi tersebut merupakan bagian dari pengembangan proyek energi baru terbarukan di Indonesia.

“Kami melakukan beberapa studi di beberapa set dan kami melihat bahwa set yang ada di daerah Wongsorejo ini set yang paling potensial yang bisa kami temukan. Dengan kecepatan angin, jadi kami melakukan estimasi dengan kapasitas 50,4 Megawatt dengan PLTB itu. Satu turbinnya bisa menghasilkan 4 sampai 6 Megawatt,” kata Henry Asdayoka Putra di Banyuwangi, Jumat (15/1/2021).

Henry Asdayoka Putra mengatakan pembangunan pembangkit listrik tenaga angin ini merupakan program pemerintah untuk mencapai bauran energi listrik yang ramah lingkungan sebesar 23 persen di tahun 2025 akan datang.

PLTB di Banyuwangi rencananya berkapasitas 50 Megawatt. Pengembangan PLTB berskala besar di Banyuwangi ini bakal menjadi PLTB pertama yang dibangun PLN di Pulau Jawa.

Indonesia sebelumnya sudah membangun PLTB pertama di Watang Pulu, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan. 

PLTB yang dikenal dengan sebutan PLTB Sidrap ini dikerjakan pihak swasta yakni PT UPC Renewables Indonesia dan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Juli 2018. PLTB Sidrap I berkapasitas 75 Megawatt.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Vaksinasi "Drive Thru" Pertama Indonesia

Pahlawan Gambut

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10