NASIONAL

Pemerintah Gagal Capai Target Pendapatan Negara dari Minerba

"KBR,Jakarta - Pemerintah menyatakan hanya mampu mengumpulkan penerimaan negara bukan pajak sebesar Rp.35 triliun lebih dari target Rp.40 triliun pada 2014. Kegagalan tersebut salah satunya disebabkan adanya larangan ekspor mineral mentah."

Sasmito

Pemerintah Gagal Capai Target Pendapatan Negara dari Minerba
Minerba, ekonomi

KBR,Jakarta - Pemerintah menyatakan hanya mampu mengumpulkan penerimaan negara bukan pajak sebesar Rp.35 triliun lebih dari target Rp.40 triliun pada 2014. Kegagalan tersebut salah satunya disebabkan adanya larangan ekspor mineral mentah.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Sukhyar mengatakan harga minerba pada 2014 turun sebesar 40 persen dari tahun sebelumnya.

"Ya turun, jadi begini untuk batubara kebijakan kita itu sangat tegas. Bahwa ekspor batubara dari waktu ke waktu harus menurun. Dalam arti penggunaan batubara dalam negeri yang harus ditingkatkan. Tetapi kalau kita terus meningkatkan produksi batubara, tapi kalau kebutuhan dalam negeri tidak besar. Maka keinginan untuk mengenolkan itu tidak mungkin," jelas Sukhyar di Jakarta, Selasa (6/1).

Sukhyar menambahkan pemerintah menargetkan PNBP dari minerba sebesar Rp 44 triliun lebih pada 2015. Ia berharap harga minerba akan naik kembali sehingga target tersebvut dapat tercapai. Sementara pembangunan smelter yang direncanakan pada 2015 dapat terlaksana sehingga dapat meningkatkan ekspor minerba.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • Minerba
  • ekonomi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!