NASIONAL

Basarnas Kembali Turunkan Penyelam Cari CVR

"Badan SAR Nasional Basarnas kembali menerjunkan penyelamnya untuk mencari perekam suara kokpit atau CVR dan objek benda Air Asia lainnya, Selasa (13/1)."

Indra Nasution

Basarnas Kembali Turunkan Penyelam Cari CVR
air asia, QZ8501

KBR, Jakarta - Badan SAR Nasional Basarnas kembali menerjunkan penyelamnya untuk mencari perekam suara kokpit atau CVR dan objek benda Air Asia lainnya, Selasa (13/1). 


Kepala Basarnas, Bambang Soelistyo mengatakan keberadaan benda tersebut sudah berhasil diditeksi dan tinggal mengkonfirmasi keberadaannya. Pencarian terus dilakukan sampai benda-benda penting tersebut ditemukan.


"Hari ini penyelam sudah siap kalau pagi cuaca bersahabat maka mulai jam 6 akan dilakukan penyelaman, baik di tempat dugaan voice recorder mapun di tempat objek yang sudah dideteksi tetapi belum di konfirmasi," kata Bambang Soelistyo di kantor Basarnas.


Sebelumnya, Tim SAR berhasil temukan salah satu bagian kotak hitam Pesawat Air Asia QZ8501 yaitu data penerbangan atau FDR. Saat ini tim gabungan tengah memburu bagian kotak hitam yang lain yakni perekam suara kokpit (cockpit voice recorder). Alat ini berfungsi untuk mencatat pembicaraan di dalam kokpit pesawat.


Editor: Antonius Eko 

  • air asia
  • QZ8501

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!