NASIONAL

INACA: Batavia Berhenti Operasi, Penerbangan Terganggu Sepekan

"Asosiasi Perusahaan Penerbangan Niaga Indonesia (INACA) memprediksi bakal terjadi gangguan penerbangan dalam sepekan ke depan."

Nur Azizah

INACA: Batavia Berhenti Operasi, Penerbangan Terganggu Sepekan
batavia, pailit

KBR68H, Jakarta - Asosiasi Perusahaan Penerbangan Niaga Indonesia (INACA) memprediksi bakal terjadi gangguan penerbangan dalam sepekan ke depan. Ini terjadi menyusul berhentinya operasional maskapai penerbangan Batavia Air lantaran bangkrut. Sekjen INACA Teuku Burhanuddin mengatakan, Batavia merupakan maskapai dengan penerbangan terbanyak yang berada di urutan keempat. Meski begitu ia optimistis gangguan tersebut tidak akan berlangsung lama.

“Saya rasa, ya, kalau untuk beberapa seminggu seminggu ini kemungkinannya memang ada. Kenapa, konsekuensi yang diambil Batavia itu maupun rute nya ke kota kota itu, kan, tidak ada lagi. Tapi saya melihat kekosongan itu akan diambil oleh perusahaan penerbangan yang ada sekarang. Maskapai yang beroperasi sekarang tentunya yang akan memanfaatkan rute rute yang ditinggali oleh Batavial. Mereka juga punya cukup pesawat untuk tambah itu,”jelasnya.

Sekjen Asosiasi Perusahaan Penerbangan Niaga Indonesia (INACA), Teuku Burhanuddin menilai, maskapai lain siap menggantikan rute terbang yang sebelumnya ditempuh Batavia Air. Pengadilan Niaga Jakarta Pusat mengabulkan gugatan pailit perusahaan sewa pesawat International lease Finance Corporation (ILFC) terhadap maskapai Batavia Air. Ini karena Batavia tak mampu membayar utang jatuh tempo pada 13 Desember 2012 senilai Rp39 miliar. Utang tersebut berasal dari kewjiban pembayaran sewa, cadangan, dan bunga keterlambatan pembayaran.

  • batavia
  • pailit

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!