NASIONAL

Cadangan Devisa di BI Lebih Dari Seribu Triliun Rupiah

"Bank Indonesia mengklaim cadangan devisa atau simpanan mata uang asing per akhir 2012 sebesar lebih dari Rp 1000 triliun."

Eli Kamilah

Cadangan Devisa di BI Lebih Dari Seribu Triliun Rupiah
cadangan devisa

KBR68H, Jakarta - Bank Indonesia mengklaim cadangan devisa atau simpanan mata uang asing per akhir 2012 sebesar lebih dari Rp 1000 triliun. Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution mengatakan, angka tersebut didapat dari transaksi modal dan finansial yang diterima cukup besar. Sehingga Bank Indonesia mencatat neraca pembayaran Indonesia hingga akhir tahun lalu masih mengalami surplus atau penerimaannya masih tinggi.

"Neraca pembayaran Indonesia masih mengalami surplus, meskipun mengalami defisit pada transaksi berjalan. Sementara itu, transaksi modal dan finansial mencatat transaksi surplus yang cukup besar, terutama di dukung oleh investasi langsung (PMA) dan arus modal portopolio,"paparnya.

Ke depan, lanjut Darmin, Bank Indonesia tetap mewaspadai perkembangan defisit transaksi berjalan. Ini juga diharapkan akan terus mempererat koordinasi kebijakan dengan pemerintah agar defisit tersebut menurun ke tingkat yang stabil sehingga keseimbangan eksternal tetap terjaga.

  • cadangan devisa

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!