KABAR BISNIS

[Advertorial] PT TASPEN (Persero) resmi Perpanjang Kerjasama dengan GEPS Korea

"Dalam pertemuan ini TASPEN menginformasikan terkait program WIRAUSAHA PINTAR. Melalui program ini TASPEN membantu para ASN untuk menyiapkan hari tua dengan wirausaha."

Paul M Nuh

[Advertorial] PT TASPEN (Persero) resmi Perpanjang Kerjasama dengan GEPS Korea

Senin, 16 September 2019 PT TASPEN (Persero) melakukan penandatanganan MOU dengan Government Employee Pension Service (GEPS) Korea. Perpanjangan kerjasama yang sudah dimulai tahun 2016 yang meliputi bidang training dan benchmarking kini dikembangkan mencakup kerjasama teknis untuk membangun sistem operasional serta kolaborasi proyek pengembangan sistem pensiun yang lebih baik bagi Aparatur Sipil Negara. GEPS merupakan institusi yang menangani Program Pensiun dan Jaminan Sosial bagi PNS di Korea Selatan.

MOU ditandatangani oleh Direktur Utama PT TASPEN (PERSERO) Iqbal Latanro dan CEO GEPS Nam-Joon Chung. 

red

Dalam pertemuan ini TASPEN  menginformasikan terkait program WIRAUSAHA PINTAR. Melalui program ini TASPEN  membantu para ASN untuk menyiapkan hari tua dengan wirausaha, sehingga mereka bisa mendapatkan tambahan income dan tetap aktif di hari tua.

WIRAUSAHA PINTAR merupakan bentuk layanan extra miles dari TASPEN kepada ASN dan Pensiunan dengan memperhatikan kesejahteraan dan kelangsungan hidup ASN di hari tua. Setelah pensiun, rata-rata para pensiunan kehilangan pendapatan lebih dari 60% pendapatannya dibandingkan dengan yang mereka dapatkan pada saat masih aktif bekerja. Kondisi ini menyebabkan pensiunan yang berusia di atas 58 tahun menjadi rentan terhadap kekurangan finansial, serta kondisi kesehatan dan mental yang menurun, dan mereka menjadi tergantung secara finansial kepada orang lain (anak, saudara, dll). Hingga 1 September 2019, WIRAUSAHA PINTAR telah diikuti oleh 18.106 ASN di seluruh Indonesia, melampaui target yang ditetapkan sebanyak 13.000 orang di akhir tahun 2019.  WIRAUSAHA PINTAR akan membawa multiplier effect tidak hanya untuk ASN dan Pensiunan, karena membuka lapangan kerja baru dan pemberdayaan masyarakat di lingkungannya. Program ini juga telah mendapatkan apresiasi dari Kementerian PAN-RB dengan masuk ke Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2019. 

Hal lain yang dibahas dalam pertemuan ini adalah pelaksanaan Global Training Program, yaitu training mengenai sistem pensiun dan inovasi. Training ini telah dilaksanakan di TASPEN Jakarta tahun lalu, dimana GEPS Korea mengirimkan 10 orang karyawannya untuk mendapatkan pelatihan dengan materi-materi pengelolaan sistem pensiun dan inovasi pelayanan pensiun di Indonesia. Di akhir tahun 2019, TASPEN akan mengirimkan karyawannya untuk mendapatkan pelatihan mengenai implementasi pengelolaan sistem pensiun PNS di Korea.

  • taspen

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!