INTERNASIONAL

The Fed: Pengurangan Paket Stimulus Ekonomi AS Dimulai Januari 2014

"KBR68H, - Bank Sentral Amerika (The Fed) memutuskan untuk memulai pengurangan stimulus ekonomi (tapering) pada Januari 2014."

Irvan Imamsyah

The Fed: Pengurangan Paket Stimulus Ekonomi AS Dimulai Januari 2014
Tapering, The Fed, Obligasi, AS, Stimulus

KBR68H, - Bank Sentral Amerika (The Fed) memutuskan untuk memulai pengurangan stimulus ekonomi (tapering) pada Januari 2014. Keputusan untuk memulai pengurangan paket perangsang sebesar sebesar 85 miliar dollar AS per bulan (Rp. 1030 triliun lebih ) untuk pembelian obligasi negara itu diputuskan dalam pertemuan rutin Federal Open Market Committee (FOMC) Rabu siang waktu setempat atau Kamis (19/12/2013) dini hari waktu Indonesia.

The Fed mengatakan stimulus akan dikurangi 10 miliar dollar AS (setara Rp. 121 triliun) per bulan, menjadi 75 miliar dollar AS per bulan (setara Rp. 912 triliun). The Fed berasalan, pemangkasan stimulus dilakukan karena membaiknya data tenaga kerja Amerika. Selain itu, The Fed juga memperkirakan angka pengangguran akan terus turun secara signifikan hingga dua tahun ke depan.

The Fed juga memperkirakan ekonomi Amerika akan tumbuh 2,8 persen sampai 3,2 persen pada 2014. Pertumbuhan ekonomi 2013 diperkirakan di kisaran 2 persen, melampaui rata-rata pertumbuhan ekonomi tahunan di kisaran 1,1 persen. Meski demikian The Fed menyatakan tetap akan menjaga suku bunga acuan tetap berada di level mendekati nol seperti saat ini. Suku bunga The Fed ( Fed Rate ) sekarang adalah 0,25 persen. Menurut The Fed, besaran suku bunga acuan itu akan dipertahankan setidaknya sampai angka pengangguran turun hingga di bawah 6,5 persen. (AP, AFP, Reuters)

Editor: Irvan Imamsyah

  • Tapering
  • The Fed
  • Obligasi
  • AS
  • Stimulus

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!