INTERNASIONAL

Jepang Kucurkan Paket Stimulus $53 Miliar

"KBR68H, Washington - Kabinet Jepang menyetujui paket stimulus 53 miliar dollar guna membantu mengimbangi dampak kenaikan pajak penjualan nasional mendatang."

Nurviana Mubtadi

Jepang Kucurkan Paket Stimulus $53 Miliar
jepang, paket stimulus, abenomics

KBR68H, Washington - Kabinet Jepang menyetujui paket stimulus 53 miliar dollar guna membantu mengimbangi dampak kenaikan pajak penjualan nasional mendatang.

Langkah pengeluaran stimulus yang disahkan hari Kamis itu adalah bagian dari anggaran pelengkap untuk tahun fiskal Jepang saat ini.

Paket itu, yang harus mendapat persetujuan parlemen, bertujuan menciptakan 250.000 lowongan kerja. Paket tersebut mencakup langkah-langkah untuk memacu pengeluaran di bidang konstruksi dan membantu rumah tangga berpenghasilan rendah.

Bulan April, Jepang akan menaikkan pajak penjualan konsumennya dari 5 persen ke 8 persen untuk membantu mendanai naiknya ongkos jaminan sosial dan mengatasi salah satu utang nasional terbesar di salah satu negara perindustrian dunia.

Tetapi meski kenaikan pajak yang kontroversial itu akan menghasilkan kira-kira 81 miliar dollar per tahun, sebagian pihak khawatir proposal itu akan merugikan permintaan konsumen dan pertumbuhan ekonomi Jepang yang masih rapuh.

Pengeluaran stimulus besar-besaran adalah bagian penting dari rencana ekonomi Perdana Menteri Shinzo Abe, yang dikenal sebagai Abenomics. Rencana Abe itu juga melibatkan upaya agresif untuk meningkatkan jumlah peredaran uang dalam ekonomi Jepang guna membantu mengatasi harga konsumen yang terus turun, dan berbagai reformasi lainnya dalam sistem perekonomian negara itu. (VOA)

Editor: Doddy Rosadi


  • jepang
  • paket stimulus
  • abenomics

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!