INTERNASIONAL

Ketika Gajah Kamboja Pensiun

"KBR - Satu-satunya gajah Asia yang hidup di Phnom Penh akan dikembalikan ke hutan. Gajah ini sudah berada di kebun binatang Phnom Penh selama 30 tahun."

VoA

Ketika Gajah Kamboja Pensiun
Kamboja, gajah

KBR - Satu-satunya gajah Asia yang hidup di Phnom Penh akan dikembalikan ke hutan. Gajah ini sudah berada di kebun binatang Phnom Penh selama 30 tahun.

Kerumunan massa berkumpul Selasa (25/11) untuk merayakan masa pensiun dan  pemukiman kembali gajah Sambo yang sudah tinggal di Phnom Penh selama setengah abad. Upacara keagamaan Budha dilakukan untuk melepas Sambo secara resmi.

Dengan dukungan Badan pembangunan Internasional Amerika/ USAID, gajah berumur 54 tahun itu dijadwalkan akan ditempatkan di Proyek Lembah Gajah/ EVP di provinsi terpencil Mondolkiri bulan depan.

Di sana Sambo akan bergabung dengan 12 gajah lainnya di hutan Keo Seima dibawah pengawasan tim dari Kantor Kehutanan Kementrian Pertanian.

Sambo dibawa ke Phnom Penh oleh keluarga Sorn hampir 50 tahun lalu dan sejak itu menjadi hewan penting di  Kuil Wat Phnom di Kamboja. 

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • Kamboja
  • gajah

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!