INTERNASIONAL

Untuk Kali Pertama, World Expo Digelar di Timur Tengah

"KBR68H, Washington - Dubai diumumkan menjadi kota pertama di Timur Tengah yang akan menjadi tuan rumah World Expo atau Pameran Dunia 2020."

Nurviana Mubtadi

Untuk Kali Pertama, World Expo Digelar di Timur Tengah
world expo, dubai, tuan rumah

KBR68H, Washington - Dubai diumumkan menjadi kota pertama di Timur Tengah yang akan menjadi tuan rumah World Expo atau Pameran Dunia 2020. Namun, para analis mengatakan miliaran dollar untuk konstruksi pameran dan spekulasi oleh kalangan investor bisa berujung pada utang yang menumpuk dan perekonomian yang spekulatif.

Pengumuman terpilihnya Dubai hari Kamis menjadi semacam penebusan bagi emirat itu, yang menjadi perhatian dunia tahun 2009 akibat krisis keuangan yang diberitakan secara luas dan memaksa mereka meminta dana talangan miliaran dollar.

Pesta kembang api menyambut kabar Dubai mengalahkan saingannya Izmir di Turki, Sao Paulo di Brazil, dan Yekaterinburg di Rusia, seusai tiga putaran voting oleh para delegasi dari ke-168 negara anggota Biro Pameran Internasional (BIE) di Paris.

Pihak penyelenggara di Dubai memperkirakan terpilihnya Dubai untuk menjadi tuan rumah Expo 2020 akan menghasilkan uang 23 miliar dollar antara 2015 hingga 2021, atau 24 persen PDB kota itu.

Mesin pencari raksasa Google menandai kemenangan Dubai itu dengan mengubah logonya di halaman pencarian versi lokal disana. Logo itu telah terpasang diseluruh pelosok kota selama berbulan-bulan di mobil polisi, kantung belanja, bagian depan toko, taksi, tanda terima, gedung pemerintah dan bahkan di sebuah bendera di Gunung Kilimanjaro.

Pihak berwenang Dubai mengatakan total pendanaan untuk acara selama enam bulan itu mencapai 8,4 miliar dollar. Mereka memperkirakan berbagai proyek perumahan dan komersial baru disekitar lokasi pameran akan membuka 277.000 lowongan kerja, terutama di sektor perhotelan dan konstruksi. (VOA)

Editor: Doddy Rosadi

  • world expo
  • dubai
  • tuan rumah

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!