INTERNASIONAL

Hidup Mewah, Uskup Jerman Dipecat

"Jakarta, KBR68H - Vatikan memberhentikan sementara pemimpin gereja Jerman karena menjalani kehidupan bermewah-mewahan. Sejumlah pihak menyerukan agar Uskup Limburg, Franz-Peter Tebartz-van Elst, mengundurkan diri setelah dituduh berbohong di bawah sumpah "

Pebriansyah Ariefana

Hidup Mewah, Uskup Jerman Dipecat
pastur, jerman, hidup mewah

Jakarta, KBR68H - Vatikan memberhentikan sementara pemimpin gereja Jerman karena menjalani kehidupan bermewah-mewahan. Sejumlah pihak menyerukan agar Uskup Limburg, Franz-Peter Tebartz-van Elst, mengundurkan diri setelah dituduh berbohong di bawah sumpah tentang anggaran yang ia keluarkan.

Salah satu laporannya, Uskup Limburg dilaporkan menghabiskan uang Rp 477 miliar untuk memperbaiki rumahnya. Sang uskup juga dikritik karena naik pesawat kelas utama dalam penerbangan ke India untuk mengunjungi kaum miskin.

Sebelumnya, Paus Fransiskus  menyentil para pastor dan biarawati yang kerap menggunakan mobil mewah yang mencolok. Paus asal Argentina ini mengingatkan kembali agar pelayan Tuhan memilih sesuatu yang menunjukkan kerendahan hati dibandingkan kemewahan.

Sebagai bagian dari upaya untuk membuat Gereja Katolik  fokus pada kaum miskin, Fransiskus mengatakan kepada pastor dan biarawati di seluruh dunia untuk meninggalkan smartphone terbaru atau aksesori fashion mewah lainnya.

"Ini menyakitkan, ketika saya melihat seorang imam atau biarawati dengan mobil model terbaru, Anda tidak bisa melakukan ini. Mobil memang diperlukan untuk membantu pelayanan, tapi tolong, pilihlan mobil yang sederhana, yang menunjukkan kerendahan hati kita," katanya.

"Jika Anda suka yang mewah, coba pikir berapa banyak anak yang mati kelaparan di dunia,"katanya.

Paus Fransiskus memang telah menerapkan gaya hidup sederhana. Selama ini dia hanya menggunakan mobil dinas Ford Focus. Dia juga menolak menggunakan pakaian mewah,dan memilih salib besi dan bukan emas. Tak hanya itu, Paus juga menolak untuk pindah ke apartemen yang ditempati oleh pendahulunya Paus Benediktus XVI.(BBC)


Editor: Suryawijayanti 

  • pastur
  • jerman
  • hidup mewah

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!