INTERNASIONAL

Perang Gaza, Iran: Kami Pasok Senjata untuk Hamas

"KBR - Iran secara terbuka memberikan dukungan militer kepada Hamas. Negara ini membantu dalam penyediaan teknologi senjata kepada kelompok militan untuk melindungi diri dari serangan Irael."

Catrina Sinaga

Perang Gaza, Iran: Kami Pasok Senjata untuk Hamas
pengeboman, sekolah, Gaza

KBR - Iran secara terbuka memberikan dukungan militer kepada Hamas. Negara ini membantu dalam penyediaan teknologi senjata kepada kelompok militan untuk melindungi diri dari serangan Irael. 

Ini disampaikan oleh pejabat negara Iran pada Senin (4/8). Pejabat Pertahanan Revolusioner Iran mengatakan sejak dulu Hamas telah memiliki misil tipe Fajr-5 buatan Iran dan tersimpan di gudang senjata di Perbatasan Gaza. Teknologi senjata disediakan oleh Iran dan diproduksi secara lokal di Gaza.

“Misil pertahanan Palestina adalah berkat teknologi kiriman Iran,” kata Sekretaris Dewan Penegasan Kebijaksanaan (Expediency Discernment Council), Mohsen Rezaei dalam siaran televisi dalam negeri Al-Alam.

“Kami harus mengirimkan teknologi pertahanan dan militer kepada Palestina agar mereka bisa merakit senjata di tengan pengepungan dan mempertahankan diri,” tambah Rezaei.

Dalam sebuah surat, Kepala Komandan Pertahanan Revolusioner, Rezaei meminta Presiden Iran Hassan Rouhani menyiapkan sistem pertahanan udara untuk Hamas yang dapat menyerang pesawat tempur Israel. Rezaei juga meminta Hamas membangun terowongan sebagai tempat perlindungan warga Palestina dari serangan Israel.

“Saya meminta Rouhani menyediakan sistem pertahanan udara untuk Gaza sehingga orang Palestina dapat mempertahankan diri mereka dari serangan pesawat,” kata Rezaei. Kata dia juga Iran tidak malu untuk secara terbuka beri dukungan militer kepada Hamas.

“Amerika beberapa hari belakangan menyepakati dana USD 300 juta untuk memperkuat alat Iron Dome Israel. Anda harus menyediakan sistem pertahanan udara untuk Palestina agar mereka mampu bertahan dari serangan udara,” kata Rezaei yang merujuk kepada presiden Iran.

Rezaei juga mendesak Hamas menangkap pasukan Israel untuk digunakan sebagai alat tawar-menawar dengan Israel dalam pertempuran. Menurut Rezaei itu adalah kelemahan Israel dan yakin dapat membuat lawan menyerah.

Rezaei mengatakan rencana Israel melucuti senjata Hamas dalam perang dan menghancurkan energi misil telah gagal. Meskipun, tambah dia, mereka telah menemukan dan menyerang terowongan bawah tanah Gaza.

Komandan Pertananan Iran dengan bangga mengatakan misil Palestina yang mengenai kota Tel Aviv, Israel, adalah berkat dukungan Iran. Pimpinan Tertinggi Ayatollah Ali Khamanei minggu lalu meminta semua muslim di seluruh dunia untuk berikan bantuan pertahanan ke Palestina.

Hamas telah melontarkan lebih dari 3.200 roket ke Israel selama konflik. Sebagian berhasil dicegah oleh Israel dengan menggunaan sistem pertahanan kubah besi (Iron Dome) dan banyak mentahan misil yang mendarat di area terbuka yang jauh dari kota.

Israel yang telah meluncurkan operasi militer di Gaza pada 8 Juli lalu telah mengeluarkan lebih dari 4.600 serangan udara ke area pesisir pantai yang padat penduduk. Sebanyak 1.880 lebih orang Palestina dan lebih dari 60 warga Israel yang tewas dalam pertempuran.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • pengeboman
  • sekolah
  • Gaza

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!