INTERNASIONAL

Lukisan Mona Lisa Terkecil di Dunia

"Lukisan Mona Lisa bisa dikatakan sebagai lukisan yang paling sering direproduksi dalam sejarah seni. Namun, sebelumnya belum pernah ada lukisan Mona Lisa yang dibuat pada kanvas dalam ukuran yang sangat kecil."

Abdushshabur Rasyid Ridha

Lukisan Mona Lisa Terkecil di Dunia
lukisan, mona lisa

KBR68H - Lukisan Mona Lisa bisa dikatakan sebagai lukisan yang paling sering direproduksi dalam sejarah seni. Namun, sebelumnya belum pernah ada lukisan Mona Lisa yang dibuat pada kanvas dalam ukuran yang sangat kecil.


Lukisan Mona Lisa yang istimewa ini dibuat menggunakan nanotechnique baru, para peneliti telah membuat miniatur Mona Lisa yang hanya sebesar 30 mikron, atau sekitar sepertiga dari lebar rambut manusia.


Pembuat lukisan Mona Lisa skala nano itu adalah tim dari Georgia Tech. Tim membuat lukisan itu dengan mikroskop gaya atom lewat teknik bernama ThermoChemical NanoLithography (TCNL).


Sebenarnya, lukisan mikroskopik Mona Lisa merupakan langkah untuk mendemonstrasikan kemampuan TCNL dalam membuat variasi konsentrasi molekuler pada skala yang sangat kecil. 


Penggunaan lukisan Mona Lisa dalam bidang sains bukan yang pertama kali. Peneliti NASA sebelumnya pernah memancarkan sinar laser berkekuatan tinggi bergambar Mona Lisa ke Bulan. (livescience) 


Editor: Antonius Eko 


  • lukisan
  • mona lisa

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!