INTERNASIONAL

Orang

"KBR68H - Leninguer Carballido, seorang politikus Meksiko yang dilaporkan memalsukan kematiannya pada tahun 2010, terpilih sebagai walikota di desa Oaxaca, San Agustin Amatengo."

Feriani Untari

Orang
politisi, meksiko, surat kematian, jadi walikota

KBR68H - Leninguer Carballido, seorang politikus Meksiko yang dilaporkan memalsukan kematiannya pada tahun 2010, terpilih sebagai walikota di desa Oaxaca, San Agustin Amatengo. Sekarang, jaksa sedang menyelidiki bagaimana Carballido berhasil membuat profil yang tinggi.

Menurut Daily News, Carballido membuat sertifikat kematiannya untuk menghindari penangkapan karena diduga terlibat dalam kasus pemerkosaan pada 2004. Polisi segera membatalkan surat penangkapan setelah sertifikat kematian dikeluarkan. Tetapi, kembalinya Carballido dari kematian jelas  bukan tanpa komplikasi.

Minggu ini - ketika Carballido menjabat sebagai walikota - sertifikat kematiannya kembali muncul, memacu investigasi oleh pejabat Meksiko.

"Dia menipu kantor kejaksaan, ia menipu kantor catatan, dia menipu pejabat pemilihan, "kata seorang pemimpin Carballido Demokratik Revolusi Partai.

Pejabat Partai menambahkan, "Jika semua ini benar, dia tidak bisa mengambil kantor sebagai walikota."

Menurut Daily News, Carballido masih bisa ditangkap sehubungan dengan pemerkosaan dan juga didakwa dengan pelanggaran UU Pemilu. (News.yahoo.com)

Editor: Doddy Rosadi

  • politisi
  • meksiko
  • surat kematian
  • jadi walikota

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!