INTERNASIONAL

David Vanbuskirk Dedikasikan Nyawanya untuk Menyelamatkan Nyawa Orang Lain

"KBR68H - Las Vegas mengibarkan bendera setengah tiang untuk menghormati seorang petugas penyelamat yang tewas dalam bertugas."

Johan Prasetyo

David Vanbuskirk Dedikasikan Nyawanya untuk Menyelamatkan Nyawa Orang Lain
David Vanbuskirk, petugas SAR, Las Vegas, tewas

KBR68H - Las Vegas mengibarkan bendera setengah tiang untuk menghormati seorang petugas penyelamat yang tewas dalam bertugas. Petugas itu bernama David Vanbuskirk, yang tewas terjatuh dari kabel  helikopter ketika melakukan misi penyelamatan di area hiking daerah barat kota.

Bermula ketika kantor polisi Las Vegas menerima telepon pada senin malam dari seseorang laki-laki yang terdampar di bebatuan. Helikopter Metro Search and Rescue (SAR) menemukan posisi korban di pinggir bukit yang terjal. Keputusan yang diambil untuk menyelamatkan korban dengan mengereknya masuk ke dalam helikopter. Vanbuskirk saat itu meminta untuk menurunkan helikopter, sehingga dia dan korban bisa masuk ke dalam helikopter dengan kabel tersebut.

Berdasarkan konferensi pers dari LVMPD, Vanbuskirk tiba-tiba terlepas dari kabel untuk mengangkat mereka berdua, lalu jatuh ke jurang di bawahnya. Jarak jatuhnya masih di selidiki.  Sheriff Doug Gillespie mengatakan “ Dia tidak mungkin selamat dari ketinggian itu dan dia tewas karena benturan. Tetapi korban yang korban selamat bertahan di kabel tersebut dan dapat naik ke helikopter.”

“Tidak ada tujuan yang lebih mulia dari melayani sesama, petugas ini mendedikasikan hidupnya untuk menyelamatkan orang, sebuah perilaku yang dibayar dengan nyawanya,” kata Gillespie.

Masyarakat di Las Vegas telah berkata di halaman facebook LVMPD untuk memberikan penghormatan dan mengenang petugas Vanbuskirk yang baru berumur 36 tahun itu sebagai “pria pemberani” dan “pahlawan”. Selain itu juga ada halaman Facebook yang didedikasikan untuk menghormati dan memberikan rasa hormat.

“Dia adalah seseorang yang hebat. Tubuhnya tidak tinggi, namun dia mempunyai personaliti dan hati yang hebat,” kata temannya, Michael Connolly.

Tim SAR LVMPD telah menulis di blognya, “Dave adalah seseorang yang tidak biasa yang sangat dihormati oleh rekan-rekannya. Dia adalah pemimpin, teman, dan sebagai orang yang melengkapi di keluarga SAR kami. Ia akan selalu dikenang.”

Vanbuskirk lahir dan tumbuh di Las Vegas dan menjadi anggota LVMPD sejak tahun 1999. (ABCNews)

Editor: Doddy Rosadi







  • David Vanbuskirk
  • petugas SAR
  • Las Vegas
  • tewas

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!