INTERNASIONAL

Turki Cabut Pemblokiran Youtube

"KBR- Pemerintah Turki akhirnya mencabut pemblokiran akses publik ke situs video YouTube yang telah berlangsung selama 2 bulan ini."

Luviana

Turki Cabut Pemblokiran Youtube
turki, cabut, youtube

KBR- Pemerintah Turki akhirnya mencabut pemblokiran akses publik ke situs video YouTube yang telah berlangsung selama 2 bulan ini.
Aksi itu dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi menyatakan pemblokiran tersebut merupakan pelanggaran terhadap kebebasan berekspresi.

Pemblokiran akses publik ke situs YouTube dilakukan pada akhir Maret 2014 lalu setelah kemunculan rekaman audio yang menyebutkan tentang sejumlah pejabat senior pemerintah Turki yang dekat dengan Perdana Menteri Tayyip Erdogan melakukan korupsi.

Pemerintah berkilah tindakan pemblokiran dibenarkan lantaran sesuai dengan undang-undang yang disahkan awal tahun 2014. Undang-undang itu menyebutkan bahwa pemerintah berhak memblokir akses ke situs manapun tanpa surat perintah pengadilan.

Berbekal undang-undang yang sama, sebelumnya pemerintah Turki  juga memblokir situs Twitter  pada 3 April 2014 lalu. Pencabutan situs twitter kemudian dilakukan 2 pekan setelah Mahkamah Konstitusi memutuskan bahwa pemblokiran itu melanggar kebebasan berbicara dan merusak hak-hak individu.


Sumber: BBC

  • turki
  • cabut
  • youtube

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!