INTERNASIONAL

Bahas Sengketa Wilayah, Filipina ke Jepang Pekan Depan

"Upaya meredam konflik teritorial antara Jepang dengan Tiongkok."

Quinawaty Pasaribu

Bahas Sengketa Wilayah, Filipina ke Jepang Pekan Depan
Jepang, Tiongkok, Filipina, sengketa wilayah

Presiden Filipina, Benigno Aquino akan mengunjungi Jepang Selasa pekan depan (24/6) sebagai upaya meredam konflik teritorial antara Jepang dengan Tiongkok. 


Aquiono yakin, pertemuan itu bisa membuahkan solusi terhadap perselisihan Jepang dengan Tiongkok atas saling klaim wilayah maritim. Selain itu, Aquino juga akan menyampaikan pidato tentang upaya pemerintah Filipina untuk mengakhiri pemberontakan Islam selama sepuluh tahun di bagian selatan negara itu. 


Jepang dan Filipina sebelumnya sempat bermusuhan dalam Perang Dunia II. Namun hubungan kedua negara kian membaik dalam beberapa tahun terakhir. Ketika Abe mengunjungi Filipina pada Juli tahun lalu, Abe berjanji bakal memperkuat pertahanan maritim Filipina. Bagian dari perjanjian itu yakni, dikirimnya 10 kapal patroli untuk Filipina. Sebelumnya, Filipina dan Tiongkok juga berselisih soal wilayah maritim. Filipina menuduh Tiongkok mencaplok pulau kecil yang masuk dalam zona ekonomi eksklusifnya. (Channel News Asia)


  • Jepang
  • Tiongkok
  • Filipina
  • sengketa wilayah

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!