INTERNASIONAL

Menyedihkan, Ini Nasib Ibu Hamil di Dunia kerja

"KBR, Jakarta - Perempuan yang tengah hamil sering dipandang sebelah mata dan diangap sebagai 'pengganggu' di dunia kerja. Organiasai buruh internasional (ILO) membuktikan adanya anggapan itu."

Pebriansyah Ariefana

Menyedihkan, Ini Nasib Ibu Hamil di Dunia kerja
buruh, tenaga kerja, ibu hamil

KBR, Jakarta - Perempuan yang tengah hamil sering dipandang sebelah mata dan diangap sebagai 'pengganggu' di dunia kerja. Organiasai buruh internasional (ILO) membuktikan adanya anggapan itu.

ILO mencatat ada 830 juta perempuan yang bekerja menjadi buruh pabrik dan kantoran tidak mempunyai perlindungan kehamilan. Di sisi lain mereka terus didiskriminasikan. Salah satu diskriminasi yang terbesar, ibu hamil dianggap penghalang sebuah perusahaan menyelesaikan pekerjaannya.

Kepala Divisi Gender di ILO, Shaula Olney menjelaskan negara-negara yang paling banyak mendiskriminasi ibu hamil ada di Afrika dan Asia. Di sana ada 80 persen dari 830 juta perempuan hamil yang terdiskriminasi.

"Laporan ini juga menunjukkan bidang usaha yang didominasi perempuan tidak memberikan perlindungan hukum kepada pekerjanya. Ini termasuk perempuan wiraswasta, TKI, pembantu rumah tangga, dan pertanian," jelas Olney seperti dikutip VoA, Rabu (14/5).

Sejak tahun 1912 ILO sudah berjuang untuk mengeluarkan rekomendasi untuk melindungi ibu hamil dan menyusui di dunia kerja. Perlindungan di antara jika ibu hamil cuti melahirkan maka akan tetap dibayar upahnya. Sampai saat ini sudah 66 dari 185 negara yang mengadopsi ratifikasi perlindungan ibu hamil.

  • buruh
  • tenaga kerja
  • ibu hamil

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!