INTERNASIONAL

Merkel: Jerman Harus Lawan Anti-Semit dan Rasisme

"Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan Jerman memiliki tanggung jawab abadi untuk melawan segala bentu anti-Semit dan rasisme. Hal tersebut ia sampaikan dalam peringatan 70 tahun pembebasan kamp konsentrasi Auschwitz, Senin (26/1) waktu setempat."

Harith Jobs

Merkel: Jerman Harus Lawan Anti-Semit dan Rasisme
Kanselir Jerman Angela Merkel. (Antara)

KBR - Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan Jerman memiliki tanggung jawab abadi untuk melawan segala bentu anti-Semit dan rasisme. Hal tersebut ia sampaikan dalam peringatan 70 tahun pembebasan kamp konsentrasi Auschwitz, Senin (26/1) waktu setempat.

“Kita harus terus menjaga kebebasan, demokrasi, dan hukum kita,” ujar Merkel.

Merkel menyayangkan adanya ancaman terhadap warga Yahudi atau warga yang mendukung Israel. Tahun lalu pemerintah Jerman dan pemimpin umat Yahudi mengutuk meningkatnya aksi anti-Semit yang dimotori oleh ekstremis muslim dan imigran muda.

Komunitas Yahudi di Jerman terus berkembang sejak Perang Dingin. Menurut Merkel, saat ini ada lebih dari 100 ribu warga Yahudi tinggal di Jerman dan menjadi kewajiban negara untuk melindungi mereka. (Reuters)

Editor: Anto Sidharta 

  • Merkel
  • semit
  • rasisme
  • yahudi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!