INTERNASIONAL

Danau Kering Kerontang Ini Jadi Saksi Bisu Dampak Nyata Pemanasan Global

"KBR - Sebuah foto yang dirilis TIME ini menjadi salah satu bukti jika pemanasan global itu bukan sekadar isu kepentingan dunia barat terhadap negeri yang tengah berkembang. Tiap tahun, suhu bumi terus naik."

Pebriansyah Ariefana

Danau Kering Kerontang Ini Jadi Saksi Bisu Dampak Nyata Pemanasan Global
lingkungan hidup, kehutanan

KBR - Sebuah foto yang dirilis TIME ini menjadi salah satu bukti jika pemanasan global itu bukan sekadar isu kepentingan dunia barat terhadap negeri yang tengah berkembang. Tiap tahun, suhu bumi terus naik.

Danau Oroville, California yang difoto 19 Agustus 2014 terlihat kering. Sejak itu, sampai saat ini danau itu masih kering akibat suku bumi yang terus meningkat. Tampak jelas berapa tinggi danau sebelum kering. Jembatan Enterprise Bridge yang berdiri kokoh bisa menjadi tolak ukur.

Selama 10 tahun, berbagai sumber ilmuan dari Jepang dan Amerika Serikat mencatat penaikkan suhu bumi. Sebut saja yang dilansir Meteorologi Asosiasi Jepang (JMA) yang mencatat tahun 2014 kemarin suhu bumi memang naik paling tinggi, yaitu 0,27 celcius. Penaikkan ini lebih besar dari periode tahun 1981 sampai.

Tahun 1998, 2013, dan 2010 juga penaikkannya tinggi sebenarnya. Begitu juga di tahun 2005. Berbagai ilmuan dan aktivis lingkungan hidup sebenarnya sudah memperingati dampak pemanasan global dan kemungkinan terjadi perubahan iklim di dunia. Namun belum banyak yang sadar.

  • lingkungan hidup
  • kehutanan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!