INTERNASIONAL

Panglima Militer Didorong Maju Jadi Presiden Mesir

"KBR68H, Washington - Para pejabat Mesir mengatakan hasil awal referendum menunjukkan dukungan besar bagi konstitusi baru"

Nurviana Mubtadi

Panglima Militer Didorong Maju Jadi Presiden Mesir
referendum, mesir, calon presiden, panglima militer

KBR68H, Washington - Para pejabat Mesir mengatakan hasil awal referendum menunjukkan dukungan besar bagi konstitusi baru.Hasilnya diperkirakan akan mendorong panglima militer Jenderal Abdel Fatteh al-Sisi untuk mencalonkan diri menjadi presiden.

Para pejabat dan media pemerintah mengatakan penghitungan awal menunjukkan lebih dari 90 persen pemilih yang mengambil bagian dalam referendum dua hari itu mengatakan “menyetujui” konstitusi yang didukung oleh pemerintah yang didukung militer.

Para pengamat mengatakan hampir tidak ada keraguan konstitusi baru itu akan disetujui. Hasil resmi diperkirakan keluar akhir pekan ini.

Pemantau pemilu melaporkan referendum hari Rabu sebagian besar tidak ada masalah.Kekerasan hari Selasa antara pendukung dan penentang presiden terguling Mohamed Morsi telah menewaskan sedikitnya sembilan orang.

Ikhwanul Muslimin yang mendukung Morsi dan kelompok-kelompok Islam lainnya memboikot referendum itu, dan menyebutnya tidaksah, sehingga hanya segelintir warga dari kubu tradisional Islamis di Mesir yang memberikan suara. (VOA)

Editor: Doddy Rosadi

  • referendum
  • mesir
  • calon presiden
  • panglima militer

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!