INTERNASIONAL

Cina Larang Merokok di Ruangan Terbuka

"KBR68H "

Doddy Rosadi

Cina Larang Merokok di Ruangan Terbuka
cina, merokok, ruangan terbuka

KBR68H – Cina yang merupakan negara dengan konsumi tembakau terbesar di dunia akan membuat aturan yang melarang merokok di ruangan terbuka. Aturan itu akan diterapkan mulai akhir tahun ini. Satu per tiga dari jumlah perokok di dunia tinggal di Cina. Berdasarkan data Survei Global Adult Tobacco, lebih dari setengah penduduk Cina adalah perokok.

Pada 2011, Menteri Kesehatan Cina sebenarnya sudah membuat larangan kepada warga untuk tidak merokok di tempat publik seperti hotel dan restoran. Namun, aturan itu belum diterapkan dengan ketat.

Komisi Nasional Kesehatan dan Keluarga Cina kini tengah mempersiapkan hukuman terkait hukum pengontrolan tembakau. Kementerian Kesehatan Cina memperkirakan, setiap tahun sekitar satu juta warga Cina meninggal akibat dampak dari merokok. Badan Kesehatan Dunia PBB (WHO) sudah memperingatkan Cina, jumlah itu akan naik tiga kali lipat pada 2050 apabila konsumsi tembakau tidak dikurangi.

Bulan lalu, pejabat pemerintah di Cina sudah dilarang merokok di tempat terbuka seperti rumah sakit, transportasi publik dan juga sekolah.

“Ini bukan hanya masalah kesehatan. Ini merupakan masalah ekonomi yang sangat besar. Ada masalah mulai dari kesehatan hingga biaya berobat, biaya yang dikeluarkan keluarga dan juga dampak terhadap perokok pasif,”kata Dr Judith Mackay, pensihat senior di Yayasan World Lung. (CNN)




  • cina
  • merokok
  • ruangan terbuka

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!